logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tips Sehat saat Puasa, Ini Kata Dokter Untag Surabaya

Bulan Ramadhan telah memasuki hari ke tiga belas. Umat muslim di seluruh dunia diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Tak terkecuali civitas academica Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang menjalankan ibadah puasa sambil melaksanakan perkuliahan. Penanggung Jawab dari Poliklinik Utama Untag Surabaya - dr. Icha Safitri mengatakan bahwa berpuasa memiliki ragam manfaat. “Organ tubuh kita beristirahat dan membentuk sel-sel baru. Jadi organ itu ada jeda untuk istirahat,” katanya.

Menurut dr. Icha, wajar bila tubuh menjadi lemas selama berpuasa. “Wajar karena biasanya siang itu makan. Selama berpuasa kan tidak makan, makanya tubuh butuh penyesuaian dan jadi lemas,” ungkapnya. Di samping itu, dia menambahkan bahwa asupan tidak seimbang juga jadi penyebab lemasnya seseorang. “Asupan makanan saat sahur dan buka (puasa) itu harus secukupnya. Minum juga harus sesuai,” tambahnya.

Tak hanya lemas, disebutkan dr. Icha tak jarang orang berpuasa pun bau mulut. “Sebenarnya bukan (disebabkan) oleh makanan, bisa jadi karena dehidrasi. Oleh karena itu perlu banyak minum air putih dan juga bisa gunakan obat kumur jika perlu,” sebutnya. Begitu pula untuk para penderita maag, dr. Icha menegaskan agar lebih memperhatikan kesehatan. “Untuk yang punya masalah lambung lebih baik setengah jam sebelum sahur minum obat terlebih dulu. Baru setelah itu bisa makan sahur,” tegasnya.

Lebih lanjut dr. Icha memaparkan bahwa supaya bugar selama berpuasa, tentu membutuhkan asupan makanan sehat. “Empat sehat lima sempurna, ada sayuran dan lauk pauk. Disarankan dengan vitamin, protein dan karbohidrat yang lengkap,” paparnya. Dia pun menyayangkan banyak masyarakat yang salah kaprah dengan konsep berbuka dengan makanan manis. “Memang betul, agar tubuh tetap terjaga, kita makan yang manis dulu tapi sedikit saja. Urutannya makanan yang ringan dulu, jangan langsung makan berat,” ujarnya.

dr. Icha menerangkan bahwa pola hidup sehat pun perlu dilakukan. “Istirahat juga harus seimbang. Bisa melakukan olahraga ringan, dengan begitu metabolisme tubuh akan lebih baik daripada hanya tiduran,” imbuh dr. Icha. Pola makan sehat, lanjutnya, perlu diterapkan saat berpuasa. “Sahur dan berbuka secukupnya. Apalagi berbuka jangan langsung banyak seperti orang balas dendam. Minum air disarankan delapan gelas pada rentang waktu berbuka hingga sahur agar tidak dehidrasi,” tutupnya. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?