logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Soroti Pengembangan Program Profesi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang Studi Banding ke Fakultas Psikologi Untag Surabaya

Kamis, Kegiatan Studi Banding yang akan dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang terkait dengan Studi Banding Program Pendidikan Profesi Psikologi pada Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi - Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, S.Psi., M.Psi., Psikolog beserta jajarannya menyambut baik Universitas Negeri Malang yang turut hadir adalah Wakil Dekan II Fakultas Psikologi - Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi, Psikolog Industri dan Organisasi, Psikolog Klinis, dan Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan - Supangat, S.Pd. beserta jajaran lainnya yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung R. Ing. Soekonjono lantai tiga Untag Surabaya, (7/3).

Dr. Amanda beserta tim Fakultas Psikologi dari Untag Surabaya mengungkapkan bahwa hubungan antar Universitas Negeri Malang bermula dari ikatan personal yang kuat. “Dekan Universitas Negeri Malang, yang sebelumnya merupakan para dosen kami saat melanjutkan jenjang pendidikan di program Doktor di Universitas Airlangga,” ujarnya.

Universitas Negeri Malang mengajukan permohonan studi banding kepada Untag Surabaya dengan tujuan untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut terkait pendirian program profesi psikologi. Ika juga mengatakan terima kasih telah diterima dengan baik dan sekaligus dapat melakukan sesi diskusi terkait Pengembangan Profesi Psikologi. “Sejujurnya, kami sangat senang dapat bertukar pengalaman dengan tim dari Untag Surabaya, kami mendapat banyak masukan berupa saran dan kritik yang membangun. Terlebih dengan segudang prestasi dan pengalaman yang telah diraih oleh Untag Surabaya. Kami harap selain ilmu, kerja sama yang baik juga dapat dibangun disini,” tutur Ika.

Ika menyoroti pentingnya keputusan strategis dalam pegembangan program studi yang tergambar dari perubahan status program psikologi di Untag Surabaya. “Karena awalnya Untag Surabaya dimulai sebagai program Magister profesi, kemudian berubah menjadi profesi psikologi yang kembali ke level tujuh sebagai profesi psikologi sesuai UU No.23 tahun 2022 tentang pendidikan dan layanan psikologi, ini yang membuat kami untuk melakukan studi banding dan diskusi,” tukas Ika.

Sementara itu, Dr. Amanda juga memaparkan bahwa Untag Surabaya juga turut serta dalam pengembangan nasional dalam bidang pendidikan profesi psikolog. “Untag Surabaya sebagai salah satu dari 19 perguruan tinggi yang diundang oleh P2TI dan HIMSI untuk berpartisipasi dalam pembahasan hukum dan lainnya,” papar Dr. Amanda.

Kolaborasi antara Universitas Negeri Malang dan Untag Surabaya membuktikan bahwa hubungan personal, studi banding, dan diskusi konstruktif dapat membentuk pondasi kokoh dalam pengembangan program studi baru. Dengan berbagi pengalaman dan informasi, merupakan bentuk dukungan Untag Surabaya dalam pendirian Prodi Pendidikan Profesi Psikologi di Universitas Negeri Malang dengan maksimal. (ma/rz)



PDF WORD PPT TXT