Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

PRODI ILMU KOMUNIKASI TINGKATKAN JURNAL TERAKREDITASI

Dibutuhkan orang-orang berdedikasi dalam mengelola jurnal ilmiah agar berkualitas dan terakreditasi. Demikian disampaikan oleh Dr. Rustono Farady Marta, M.Med.Kom. dalam Workshop Jurnal Terakreditasi Ilmu Komunikasi pada Rabu, (4/9). Pria yang merupakan Alumni Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dan bergelut sebagai Ketua I Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia ini mengatakan, “Jangan kebablasan mengurusi jurnal orang lain, malah lupa dengan diri sendiri. Saya sering diingatkan supaya lebih produktif. Karena itu bersama APJIKI, kami menggandeng jurnal prodi se indonesia untuk hadir dalam mimbar untuk percepatan akreditasi.”

Rustono berbagi tips agar jurnal terakreditasi, “Perhatikan persyaratan akreditasi jurnal nasional karena akan ada 2 penilai, yakni penilai manajemen dan penilai substantif. Syarat. Kita harus detail melihat syarat item-item jurnal ilmiah. Jangan lupa mencantumkan etika publikasi. Jurnal harus terbit minimal 2 tahun secara berurutan. Terbit 2 edisi dalam setahun dengan 5 artikel di masing-masing edisi.” Menurutnya, jurnal saat ini dalam fenomena yang sama, yakni dengan cita rasa anak muda milenial.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Dr. Endro Tjahjono, MM. menyambut workshop yang bertempat di Gedung Q lantai 2 ini. “Terima kasih pada para panitia. Terima kasih pada Kaprodi Ilmu Komunikasi yang memiliki ide untuk meningkatkan kualitas jurnal. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mengisi borang dan mempertahankan akreditasi yang telah diraih. Diperlukan kerjasama dengan mitra dan keberlanjutan di waktu yang akan datang. Semoga dapat terus menjalin mitra supaya bisa menghasilkan karya bersama,” katanya.

Dengan moderator Dr. Merry Fridha Tri Palupi, M.Si. workshop ini menghadirkan Prof. Dr. Hj. Rachmah Ida, M.Comms., Ph.D. - Guru Besar Media dan Komunikasi. Ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia Jawa Timur ini mempresentasikan tentang Editorial dan Review Quality Artikel Jurnal Internasional. Adapun Zainal Abidin, S.Sos., M.Si., M.Ed. dan Jokhanan Kristiyono, St., M.Med.Kom. melakukan preview Metode Virtual Etnografi dan Digital Etnografi dalam Penelitian Komunikasi.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) program studi Ilmu Komunikasi dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). Kerjasama program studi melingkupi pengembangan jurnal Ilmu Komunikasi, pengembangan penelitian, pelatihan pengelolaan jurnal, dan publikasi ilmiah nasional dan internasional. (Um/Ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda