logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Fitria Hartani, Alumni Psikologi Untag Surabaya Sumbang 2 Emas Jatim pada PON Papua

Pada gelaran PON XX Papua 2021, kontingen Jawa Timur mendominasi dengan keberhasilan perolehan medali terbanyak dalam cabang olahraga Panjat Tebing dengan 6 medali emas, 5 medali perak dan 3 medali perunggu. Alumni Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Fitria Hartani menjadi penyumbang medali terbanyak dengan 2 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. “Alhamdulillah bisa memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur,” tutur Fitria saat diwawancara melalui telepon.

Fitria Hartani mewakili Kontingen Jawa Timur pada cabang olahraga Panjat Tebing dengan mengikuti berbagai kategori yang dipertandingkan: boulder perorangan, lead team, boulder team dan combine. Diakui oleh Pipit, sapaan akrabnya, untuk PON Papua kali ini ia memang sudah berlatih keras. Terlebih, ia juga mendapat dukungan baik dari KONI Jawa Timur. “Saat karantina kemarin kami fokus latihan dengan baik, dan dapat dukungan dari KONI juga. Mereka benar-benar mengcover agar atletnya bisa tetap latihan meski di masa pandemi,” kata perempuan asal Gresik itu.

Saat pelaksanaan PON, Pipit mengaku mengaplikasikan keilmuan yang ia peroleh saat berkuliah. Misalnya, ketika teman satu timnya tengah nervous maupun sedih sebelum melakukan pertandingan, ia memberikan pendampingan Psikologi pada mereka untuk mengembalikan mood dan semangat juang. Sebelum bertanding Pipit juga dengan mudah mengetahui kondisi Psikis lawannya. “Bisa pakai teknik-teknik Psikologi yang pernah ku pelajari, jadi sangat-sangat membantu sekali,” ungkapnya.

Meski begitu, kedepannya alumni Untag Surabaya yang baru saja lulus itu ingin mencoba aktivitas panjat tebing diluar kompetisi. Dikatakan oleh Pipit, “perolehan medali pada PON Papua ini menjadi penutup yang baik, karena kedepan pengennya nyoba pengalaman yang lain, tetap manjat tapi bukan dibidang kompetisi.” (ua)



PDF WORD PPT TXT