Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Dosen Manajemen PTS Kupang Resmi Mendapat Gelar Doktor Ilmu Ekonomi

Pada Senin (29/7), Hanny A. Manafe akhirnya resmi menyandang gelar Doktor bidang Ilmu Ekonomi dari program studi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya. Ia mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Risk Management, Good Corporate Governance, Portofolio Kredit, Portofolio Pendapatan dan Makro Ekonomi Terhadap Value Of The Firm dengan Earning dan Capital Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan Umum Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” didepan tim penguji. Ujian yang bertempat di Ruang Ing Sukonjono, Gedung Graha Wiyata lantai 1 Untag Surabaya tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA.

Dalam penelitiannya, Kaprodi Manajemen Unika Widya Mandira Kupang ini menangkap research gap adanya fenomena perubahan harga saham perusahaan perbankan umum konvensional yang cukup berfluktuasi. Hal tersebut berpengaruh pada para investor yang ingin berinvestasi dan nilai perusahaan. “Masih terdapat ketidakkonsistenan antara hasil penelitian terdahulu yang menggunakan variabel yang sama, sehingga penelitian ini perlu dilakukan ulang dan dikembangkan lebih mendalam,” terang wanita kelahiran Kupang ini.

33 perusahaan perbankan umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 menjadi populasi penelitiannya. Dalam kesimpulannya, Hanny menyebutkan bahwa hasil pengujian pengaruh langsung variabel eksogen, diketahui bahwa Good Corporate Governance menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap nilai perusahaan yakni sebesar 74,22%. Sedangkan dalam hasil pengujian pengaruh tidak langsung terhadap value of the firm dengan menggunakan variabel intervening terlihat bahwa pengaruh terbesar adalah GCG ke value of the firm melalui earning yaitu 16,16%.

“Dalam hal ini, saya menyarankan agar perusahaan perbankan harus menjaga nilai perusahaannya, yang tercermin melalui harga sahamnya. Perusahaan perbankan juga harus menerapkan manajemen resiko dan prinsip GCG secara baik agar kinerja perusahaan dan nilai perusahaan tetap terjaga dengan baik,” paparnya. Sementara untuk penelitian kedepan, Hanny menyarankan untuk menggunakan varibael yang mempunyai hubungan dengan value of the firm, antara lain CSR, CSR Syariah, going concern dan goodwill perusahaan. (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda