Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Wahyu Kharisma Mujiono, Mahasiswa Informatika yang Berkesempatan Belajar di Apple Foundation Program

Siapa yang tidak tahu Apple Inc.? Perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia itu melalui PT Apple Indonesia tengah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Gunanya agar dapat bersaing dan berkontribusi terhadap ekonomi digital yang sedang berkembang di Tanah Air.

Adalah Wahyu Kharisma Mujiono, mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya yang mendapatkan kesempatan untuk belajar melalui program Apple Foundation. “Alhamdulillah kemarin salah satu mahasiswa berkesempatan belajar langsung di program Apple Foundation,” tutur Geri Kusnanto, S.Kom., MM., Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Informatika Untag Surabaya, Rabu (6/11). Ditemui diruangannya, Geri mengatakan bahwa program tersebut dimulai sejak 4 November hingga 29 November mendatang.

Apple Foundation Program merupakan kelas jangka pendek (1 bulan) yang dirancang dengan metode challenge-based learning untuk memberikan kesempatan kepada calon World-Class Developers mendalami framework Apple untuk merancang prototype aplikasi ekosistem apple. Pelaksanaannya sendiri bertempat di Surabaya. “Program itu cukup terbatas. Alhamdulillah kemarin mahasiswa kami masih berkesempatan untuk bisa ikutan. Apalagi dia masih mahasiswa semester 1,” ujar Geri. Selain program Apple Foundation, PT Apple Indonesia juga menyelenggarakan Apple Developer Academy. Adanya program tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia dan ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia. Pemilihan kota Surabaya sendiri dikarenakan memiliki potensi untuk ikut menjadi bagian dari pertumbuhan industri digital nasional.

Dalam program ini, calon siswa terlebih dahulu melalui seleksi Tes Potensial Akademik (TPA) dan wawancara sebelum kemudian resmi menjadi siswa. “Kalau dari saya pribadi berharap banyak mahasiswa yang mau untuk berpartisipasi disana, mau apply,” kata Geri.

Berbeda dengan Apple Foundation Program, kelas dalam Apple Developer Academy dilakukan selama 10 bulan. Kelas ini meliputi pembelajaran bahasa pemrograman Objective-C dan Swift. Siwft adalah bahasa program intuitif dan kuat oleh Apple dan dibuat untuk membuat aplikasi di Ios, Apple TV dan Apple Watch. “Dalam program ini sebetulnya tidak harus mahasiswa dari Teknik Informatika saja, melainkan bisa dari jurusan apa saja. Bahkan kemampuan coding pun tidak harus dipunya. Oleh karenanya, kemarin saya juga menganjurkan baik mahasiswa atau bahkan alumni untuk mengikuti program ini,” terang Geri. Ia sendiri berharap akan banyak mahasiswa yang lolos dan diterima menjadi siswa di Apple Developer Academy. “Nanti ilmu yang didapat harapannya bisa dibagikan kepada teman-temannya,” harap Geri. Tertarik mendaftar? (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda