Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Valentino Pamolango, S.S.,M.Hum Presentasikan Paper Tentang Bahasa Balantak Di International Conference

Valentino Pamolango, S.S.,M.Hum Dosen Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya presentasikan paper tentang bahasa Balantak di acara 10th International Conference On Humanities and Social Sciences (IC-HUSO 2014) di Khon Kaen University (KKU) Thailand (24/11/2014).

Kegiatan tersebut diikuti beberapa negera di seluruh dunia antara lain Indonesia, Filipina, Vietnam, Meksiko dan Thailand.

Valentino mengangkat paper tentang bahasa lokal yaitu bahasa Balantak dari Sulawesi Tengah. Dalam papernya dia menjelaskan bahwa Indonesia banyak memiliki ragam budaya salah satunya adalah bahasa. Kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Valentino untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia.

“Balantak itu satu dari tiga bahasa lokal yang ada di kabupaten Banggai. Penutur asli di bawah 3000 orang dari julmah penduduk di kabupaten banggai 323. 626. Bahasa ini masih asli dan mempunyai daya tarik tersendiri. Daya tarik adalah bahasanya memiliki kesamaan dengan bahasa di Filipina. Contoh bahasa Balantak adalah “kumaan “ artinya makan dan di Filipina artinya juga makan karena keduanya berada dalam satu rumpun yang sama yaitu autronesia,” kata Valentino.

Presentasi Valentino mampu memikat para peserta yang lainnya. Terbukti setelah dia selesai mempresentasikan papernya tepuk tangan dan ucapan selamat mengarah kepadanya dan mereka tertarik dengan bahasa lokal yang ada di Indonesia salah satunya Balantak.

Tindak lanjut dari ketertarikan mereka adalah mereka berniat meneliti lebih jauh tentang bahasa lokal yang ada di Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Drs. Danu Wahyono, M.Hum dekan Fakultas Sastra, dan Gatut Prijo Utomo, Ir.,M.Sc dosen fakultas teknik mesin karena memang acara tersebut bersamaan dengan Study Exchange Program dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Khon Kaen University, Thailand yang akan selesai tanggal 29 November 2014.

Login dengan Username dan password Siakad Anda