Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

UPKP Untag Surabaya Seleksi 132 Calon Karyawan PT. Smelting

Sejumlah 132 orang calon karyawan PT. Smelting mengikuti tes seleksi karyawan, Sabtu (10/8). Dalam seleksi ini, PT. Smelting mempercayakan Unit Pelayanan dan Konsultasi Psikologi (UPKP) Untag Surabaya dalam melaksanakan proses seleksi. Sejak 2017, UPKP Untag Surabaya sudah menjalin kerjasama dengan Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan biji tembaga itu. Kerjasama yang dijalin berkaitan dengan tes psikotest untuk seleksi karyawan.

“Selama ini bentuk kerjasamanya berkaitan dengan tes karyawan psikotest, beberapa alat tes dari PT. Smelting juga ada,” terang Aliffia Ananta, S.Psi., M.Psi., ketua UPKP Untag Surabaya. Ditemui di ruangannya, Ananta mengatakan lebih dari lima kali UPKP Untag Surabaya membantu proses seleksi karyawan PT. Smelting. “PT. Smelting kan bukan hanya di Surabaya saja, melainkan juga di Bandung, Jogjakarta. Tim dari UPKP Untag Surabaya kemudian berangkat kesana,” tukasnya. Hal tersebut membuktikan bahwa UPKP Untag Surabaya cukup dipercaya oleh PT. Smelting dalam proses perekrutan karyawan.

Dalam persiapan pelaksanaan tes calon karyawan PT. Smelting, UPKP Untag Surabaya melakukan persiapan sebaik mungkin. Seperti persiapan ruangan, asisten, tim skorer hingga alat tes yang digunakan. “Kami lakukan briefing terlebih dahulu, kemudian memastikan yang lain. Untuk alat, tidak boleh ada alat yang tertinggal,” terangnya. Dalam pelaksanaan seleksi, perwakilan pihak PT. Smelting juga hadir mengawasi jalannya tes.

Ini bukanlah kali pertama bagi UPKP Untag Surabaya dipercaya dalam melaksanakan psikotest seleksi karyawan. Selain dari perusahaan, beberapa dinas pemerintah juga turut menjalin kerjasama. Salah satunya PD Pasar Surya kota Surabaya. Dibawah naungan Fakultas Psikologi, UPKP dipercaya membantu seleksi kandidat direksi PD Pasar Surya.

“Semoga UPKP semakin besar dan dipercaya oleh berbagai macam perusahaan maupun individu-individu yang mau melakukan pelaksanaan tes psikologi maupun konseling,” harapnya. Ditambahkan oleh Ananta, “UPKP selalu melakukan evaluasi secara internal. Hal tersebut kami lakukan setiap selesai melakukan tes, tujuannya tentu untuk mengetahui kekurangan dengan harapan bisa diperbaiki. Sehingga makin baik kedepannya.” (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda