logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

UPKP Untag Surabaya Berikan Asesmen pada PT. YEKAPE Indonesia

Selasa, (27/9) Unit Pelayanan & Konsultasi Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UPKP Untag) Surabaya dipercaya untuk mengadakan Asesmen pada karyawan PT. YEKAPE Indonesia. Asesmen yang diikuti oleh 8 karyawan di level manager ini bertempat di Ruang Q210 Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulghani lantai dua. Seluruh proses asesmen secara luring menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing.

Saat ditemui di sela asesmen, Kepala UPKP Untag Surabaya - Etik Darul Muslikah, S.Psi, M.Psi, Psikolog mengatakan, “Untag Surabaya kan bekerjasama dengan sejumlah instansi pemerintah dan swasta. Terakhir, asesmen dengan PT Smelting, anak perusahaan Freeport yang mengawali asesmen offline selama pandemi.” Dia menambahkan, “Kalau untuk PT. YEKAPE Indonesia sedang ada permasalahan pada karyawan mereka, sehingga ingin dievaluasi apa yang salah. Minggu depan asesmen pada 11 supervisor.”

“Asesmen kali ini bertujuan untuk mengungkap potensi dan kemampuan jadi ada tes potensi dan uji kompetensi,” kata Etik. Dia menyebutkan, “Untuk uji potensi mengungkap potensi kecerdasan, sikap kerja, potensi kepribadian, hingga kepemimpinan. Apalagi di level manager, jadi kepemimpinan ini krusial.” Tak hanya tes potensi, para peserta juga mengikuti uji kompetensi untuk menilai integritas, komunikasi dan analisa berpikir.

Rangkaian asesmen dilaksanakan selama dua hari ini dilakukan dengan berbagai penilaian. Diterangkan oleh Etik, “Mereka (peserta) harus ikut psikotes, focus group discussion, leaderless group discussion dan membuat esai. Jadi mengerjakan tes potensi, presentasi, wawancara dan menuliskan isian.” Lebih lanjut Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya ini mengatakan, “Dari hasil asesmen, kami membuat interpretasi aspek potensi dan kompetensi. Itu jadi bahan pertimbangan perusahaan.”

Meski sempat terhalang oleh pandemi, Etik mengaku bersyukur asesmen luring kali ini dapat berjalan dengan lancar, “Protokol kesehatan menjadi tantangan dan hal yang sangat krusial. Kami harus memastikan bahwa peserta maupun petugas dalam keadaan sehat.” Etik berharap bisa terus bekerjasama secara berlanjut dan bisa membantu PT. YEKAPE Indonesia untuk mendapatkan karyawan terbaik di posisi yang tepat sesuai potensi dan kompetensi agar bisa berkontribusi maksimal. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT