Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

UPKP Untag Surabaya Bantu Evaluasi Kinerja 600 Anggota Satpol PP kota Surabaya

Unit Pelayanan Konsultasi Psikologi (UPKP) Untag Surabaya kembali dipercaya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengadakan tes evaluasi bagi anggotanya. Ujian tersebut digelar di ruang I Untag Surabaya secara bertahap selama 5 hari, mulai 15-20 Desember ini. “Jadi ini adalah kegiatan untuk mengevaluasi kinerja Satpol PP kota Surabaya,” tutur ketua UPKP, Nindia Pratitis, M.Psi., Psikolog saat diwawancara, Kamis (17/12). Disebutkan oleh Nindi, sapaan akrabnya, total ada 600 anggota Satpol PP yang mengikuti tes ini.

Lebih lanjut Nindi menjelaskan, pada tes Psikologi ini peserta akan dievaluasi terkait kemampuan sikap kerja serta kepribadian. Hasil yang didapat nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pihak Satpol PP terkait kinerja anggotanya. “Kita menjadi alat assesmen secara Psikologis untuk mengetahui terkait kinerja Satpol PP yang banyak berhubungan dengan masyarakat, jadi memang terkait sikap kerja dan kepribadian harus secara kontinyu butuh dievaluasi,” jelas Nindi. Melalui kegiatan ini, sambung Nindi, diharapkan peserta akan mendapat gambaran terkait kondisinya baik memahami kelebihan maupun kelemahan masing-masing.

Tes dilakukan secara bertahap dengan ditiap harinya dijadwalkan 120 anggota Satpol PP yang melakukan tes dan wawancara. Kegiatan terlaksana dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Peserta diwajibkan memakai masker dan membawa alat tulis pribadi. Sedangkan Psikolog ataupun interviewer memakai masker dan faceshield. Disediakan juga hand sanitizer pada masing-masing ruangan. “Adanya pandemi memang cukup membuat tes berlangsung sedikit berbeda. Jadi kami atur harus 50% dari kapasitas ruang maksimum. Masing-masing peserta juga berjarak,” terang Nindi.

Kegiatan ini bukan kali pertama dilakukan oleh UPKP Untag Surabaya. Pasalnya, Satpol PP Kota Surabaya sudah menjalin kerjasama sejak tahun 2016 lalu. Disebutkan oleh Nindi, “selain membantu evaluasi, kami juga diminta untuk membantu proses seleksi karyawan hampir setiap tahun.” Selain Satpol PP Kota Surabaya, salah satu unit pelayanan psikologi dari Fakultas Psikologi tersebut juga dipercaya oleh PT. Smelting dalam melaksanakan proses seleksi karyawan pekan lalu. UPKP juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, misalnya Linmas Surabaya dan PD Pasar Surya. “Ini juga merupakan wujud pengabdian masyarakat juga kontribusi Fakultas Psikologi untuk YPTA,” tutur Dr. Suroso, MS., Psikolog. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda