Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Untag Surabaya Turut Sumbang 800 Ecobrick pada Ecobrick Festival 2019 di Probolinggo

Untag News - Minggu (28/4), rangkaian kegiatan Ecobrick Festival 2019 mencapai puncaknya. Lebih dari 300 sukarelawan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat baik siswa, guru, santri, pengasuh pondok pesantren, komunitas bank sampah, LSM serta Forum Kabupaten Probolinggo Sehat bergabung dalam kegiatan Ecobrick Festival 2019 di Pantai Bentar, Probolinggo. Mereka membangun ruang hijau untuk komunitas dengan desain yang terinspirasi dari Candi Jabung menggunakan bahan material lokal (tanah lempung, pasir, jerami) dan ecobrick. Ecobrick adalah salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik dengan cara menyimpan, memilah dan membungkus dalam botol.

Sebelumnya, diadakan pelatihan Train the Trainer (TOT) sebagai kegiatan pembuka dalam rangkaian kegiatan Ecobrick Festival 2019. TOT dengan materi Konstruksi Bangunan Tanah dan Ecobrick ini merupakan pertama kali diadakan di Indonesia maupun di dunia. Diikuti oleh 33 peserta, TOT dilaksanakan selama 5 hari, sejak tanggal 22 hingga 27 April 2019. Pelatihan ini difasilitasi oleh Russel Maier dan Ani Himawati dari Global Ecobrick Alliance (GEA). Keduanya merupakan pelatih senior utama dari GEA, sebuah Earth Enterprise yang berfokus pada penyelesaian polusi plastik melalui penyebaran teknologi rendah, pendidikan ekologi dan kesadaran serta teknologi penyebaran open source yang dikenal sebagai ecobrick.

Pada puncak kegiatan Ecobrick Festival 2019, lebih dari 2000 ecobrick digunakan untuk membangun Taman Mandala di Pantai Bentar, Paiton, Probolinggo. 800 diantaranya merupakan donasi dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang dibuat oleh mahasiswa baru pada Agustus lalu. Pembuatan ecobrick sendiri dilaksanakan pada saat sesi Eco Lifestyle yang merupakan salah satu agenda dalam program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2018.

Nina, salah satu penggiat ecobrick menuturkan, “Untag juga jadi salah satu yang ikut berdonasi 800 ecobrick jadi kami berterima kasih pada Untag Surabaya karena telah menyumbangkan ecobrick ini.” Ia melanjutkan bahwa Untag Surabaya juga turut diundang dalam puncak kegiatan Ecobrick Festival 2019 agar mengetahui secara langsung ecobrick yang telah dibuat bermanfaat untuk taman terbuka hijau di Pantai Bentar.(ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda