logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Terlibat Pada Program Pemkot Surabaya, Sekolah Orang Tua Hebat

Dengan konsistensi terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, melalui Fakultas Psikologi Untag Surabaya, berperan aktif dalam mendukung program ‘Sekolah Orang Tua Hebat’ (SOTH) yang digagas oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Surabaya. Program ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai pertengahan bulan April hingga Mei tahun 2024, dengan tujuan untuk memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar, (3/4).

Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya – Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si. Psikolog menjelaskan tentang program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang dikenal dengan nama Sekolah Orang Tua Hebat. “Saat ini, walikota Surabaya menginisiasi program 1000 titik Sekolah Orang Tua Hebat di Kota Surabaya. Program ini memiliki tujuan penting sebagai sarana untuk meningkatkan pola asuh guna mencegah stunting, bullying, dan berbagai permasalahan lain yang dihadapi oleh anak-anak,” jelasnya.

Dr. Amanda juga mengungkapkan bahwa mahasiswa dari Untag Surabaya menjadi pendaftar terbanyak dalam program ini. “Pemerintah Kota Surabaya berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi di Surabaya untuk melaksanakan program ini. Kebetulan, mahasiswa dari Untag Surabaya, terutama dari Fakultas Psikologi, menjadi pendaftar terbanyak,” ungkapnya.

Pada program ini, mahasiswa akan memberikan pelatihan kepada orang tua di berbagai titik di Kota Surabaya dengan tema yang telah ditentukan. “Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya akan menjadi narasumber dan melatih para orang tua di berbagai RW yang ditetapkan. Mereka akan mengajarkan empat tema, yaitu: memahami konsep diri yang positif, pengasuhan anak, melindungi anak dari pengaruh media, dan pengenalan reproduksi pada usia dini,” terangnya.

Tidak hanya itu, akan ada berbagai aspek penilaian demi menghasilkan luaran yang baik pada program ini. “Ada berbagai aspek penilaian dalam program Sekolah Orang Tua Hebat ini, nantinya juga akan dinyatakan bahwa para orang tua ini lulus atau tidak lulus. Maka dari itu, para peserta yang lulus nantinya akan diwisuda langsung oleh Eri Cahyadi selaku Walikota Surabaya,” ucapnya.

Selain itu, Dr. Amanda juga mengatakan bahwa ada sembilan dosen yang akan mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan program ini. “Kami melibatkan sembilan dosen dan beberapa alumni untuk melaksanakan program ini. Selain memberi pembekalan, nantinya mereka juga akan ikut turun ke lapangan untuk menjadi pendamping bagi mahasiswa,” sambungnya.

Dengan keterlibatan mahasiswa Untag Surabaya dalam kegiatan ini, Dr. Amanda berharap Untag Surabaya dapat mempertahankan komitmen dan konsistensinya. “Saya berharap Untag Surabaya dapat tetap konsisten dalam berkontribusi pada program yang digagas oleh Pemkot Surabaya sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat,” harapnya. (vs/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?