logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Tandatangani MoU Dengan TSHE, Kolaborasi Lakukan Penelitian Lingkungan Hijau Berkelanjutkan

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya menambah daftar kerjasama dengan lembaga Luar Negeri, khususnya di kawasan ASEAN. Senin (20/12), Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Thai Society of Higher Education Institutes on Environment (TSHE) secara hybrid di Ruang Q210 Gedung Graha Prof. H. Roeslan Abdulgani. TSHE merupakan lembaga yang menawarkan kursus lingkungan dan anggotanya terdiri lebih dari 40 Universitas di Thailand.

Penandatanganan MoU kali ini menjadi sebuah kehormatan bagi Untag Surabaya karena masuk dalam bagian Konferensi Internasional Virtual Environment Asia ke-6. “Semoga bukan hanya awal yang baik untuk kemitraan kami dengan TSHE, tetapi juga merupakan peluang bagi Untag Surabaya agar dikenal oleh Universitas terkemuka di Thailand dan negara lain yang berpartisipasi dalam konferensi ini,” terang Prof. Nugroho dalam sambutannya. Rektor Untag Surabaya juga menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan TSHE untuk bermitra dengan Untag Surabaya.

Kedua belah pihak akan bersinergi dalam melakukan penelitian terkait pembangunan lingkungan hijau berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan Untag Surabaya yang baru saja meraih Terbaik III Lomba Eco Campus Tingkat Kota Surabaya. “Saya berharap kerjasama ini menghasilkan inovasi luar biasa yang dapat membantu melestarikan keindahan lingkungan,” ujar Prof. Nugroho.

Kerjasama disepakati dengan jangka waktu lima tahun dan akan terus dilakukan pengembangan program yang tentunya bermanfaat untuk LPPM serta seluruh fakultas yang ada di Untag Surabaya. “Setelah berdiskusi mereka meminta tidak hanya join research, tapi nanti akan ada visiting professor, guest lecture, seminar internasional, pertukaran staf, dan pertukaran bahan penelitian,” papar Ketua pusat penelitian LPPM Untag Surabaya – Erni Puspanantasari Putri, ST., M.Eng., Ph.D.. Lebih lanjut lagi, rencana output yang akan dihasilkan nanti kiranya menunjang IKU (Indikator Kinerja Universitas) sehingga dapat terus bekerjasama dengan lebaga luar negeri dan dosen dapat berkegiatan dengan melibatkan pihak asing.

“Kita juga mendukung dosen agar mulai open minded untuk go internasional, karena itu adalah nilai plus dalam suatu kerjasama. Sesuai dengan planning Rektor 2025, kita tidak hanya berjalan tapi sudah mulai harus terbang,” terang Erni. Harapan ini juga diutarakan langsung oleh Erni sebagai penutup acara penandatanganan MoU ini, Erni ingin apa yang sudah di diskusikan tidak hanya berhenti sebatas kertas MoU saja tetapi ada harus ada realisasi kegiatannya. (oy/rz)



PDF WORD PPT TXT