Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Untag Surabaya Tandatangani MoU dengan Perusahaan Jepang

Untag Surabaya kembali menambah daftar kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Pada Jumat (18/12) lalu, Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Marimo Holdings Co. Ltd. Jepang yang diwakili oleh Makoto Fukugawa. Marimo Holdings Co. Ltd., merupakan salah satu perusahaan Jepang yang bergerak di bidang properti. Meski dilakukan secara virtual, kegiatan berlangsung secara khidmat. “Selamat datang kepada perwakilan Marimo Holdings di Untag Surabaya meski melalui virtual, semoga tidak mengurangi rasa hikmat atas berlangsungnya kerjasama ini,” sambut Rektor Untag Surabaya.

Kerjasama ini menjadi upaya Kampus Merah Putih dalam memfasilitasi lulusan untuk dapat bekerja di dunia industri nasional maupun multinasional. Adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga turut menjadi latarbelakang penandatanganan nota kesepahaman. “Dengan adanya Kampus Merdeka, kita harus berjejaring dan bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri,” tutur Nugroho. Ia berharap kegiatan ini mampu menjadi awalan yang baik dengan semakin banyak kegiatan kolaborasi yang akan dilakukan. “Tidak hanya MoU, tapi harus ada activity lainnya juga. Mari kita berkolaborasi dan bersinergi,” harapnya.

Sebelum kegiatan MoU terlaksana, dua mahasiswa Untag Surabaya mendapat kesempatan untuk melakukan program internship pada Perusahaan yang berada di Tokyo, Jepang itu. Keduanya adalah Ragil Erik Fardiansyah dan Andy Arjuliansyah, mahasiswa prodi Teknik Informatika. “Terimakasih atas diberikannya kesempatan bekerjasama, memiliki pengalaman lebih dalam kompetensi kami dan belajar banyak di perusahaan luar negeri khususnya di Jepang,” kata Erik. Hal yang sama juga disampaikan oleh Andy. Ia berharap bisa mendapat banyak ilmu dan pengalaman selama melaksanakan program magang, “semoga disana kami juga bisa memberikan kontribusi terbaik.”

Sementara itu, perwakilan Marimo Holdings Co. Ltd. Jepang, Makoto Fukugawa berterimakasih atas kerjasama yang berlangsung antar keduanya. Ia mengaku telah mengunjungi Untag Surabaya pada 2016 lalu. “Pertama kali mengunjungi Untag 4 tahun lalu, saat kami mencari staff bagi Perusahaan,” ungkapnya. Dari kunjungan tersebut, ia mengetahui bahwa Indonesia, salah satunya Untag Surabaya memiliki banyak SDM unggul yang juga berkeinginan bekerja di Jepang. Oleh karenanya Marimo Holdings membuka program Majimajios (Marimo Japan Internship for Outstanding Students).

Selain program magang, Marimo Holdings juga menawarkan program perekruitan tenaga kerja dari Perguruan Tinggi ke Perusahaan di Jepang. “Ini menjadi usaha perusahaan untuk membantu Negara karena disini populasi usia produktifnya sedikit. Selain itu kami juga tahu banyak mahasiswa Indonesia yang ingin bekerja di Jepang,” jelasnya. Tahun lalu, Marimo hanya menerima mahasiswa dari program studi Teknik Informatika saja. Namun untuk tahun ini, program juga terbuka untuk mahasiswa Sastra Jepang dan Arsitektur. Makoto menuturkan, “Kami dapati bahwa mahasiswa Untag Surabaya banyak yang unggul. Kami percaya bahwa mahasiswa Untag Surabaya dapat bekerja dan bermanfaat di Perusahaan Jepang.” (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda