logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Siapkan Mahasiswa Raih Karir Impian

Sabtu (28/8) Bagian Counselling & Career Center Biro Kemahasiswaan dan Alumni bagian Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas 17 Agustus 1945 (C&CC BKA Untag) Surabaya kembali mengadakan acara Pelatihan guna membekali calon wisudawan Untag Surabaya sebagai generasi yang siap kerja. Acara yang dilaksanakan setiap dua kali dalam satu tahun ini selalu sukses dengan ratusan partisipannya. Melalui daring, Bagian C&CC BKA Untag Surabaya melakukan pelatihan dengan tema “Siapkan diri Meraih Karir Impianmu”. Acara yang dihadiri oleh 3 narasumber ini berjalan lancar dengan  lebih dari 300 partisipan yang antusias sampai acara berakhir.

Pada permulaan acara, Kepala Bagian C&CC BKA Untag Surabaya - Rahma Kusumandari, M.Psi. menyampaikan sambutannya. “Teman-teman kini menghadapi banyak hal berbeda dari tahun yang lalu. Adanya pandemi membawa perubahan banyak termasuk juga dalam penyerapan tenaga kerja. Oleh karenanya, teman-teman perlu menjual diri dengan cara yang berbeda.” Acara ini juga sebagai wujud upaya mencapai cita-cita Untag Surabaya dalam melahirkan profil lulusan yang luar biasa. “C&CC (BKA Untag Surabaya) mengadakan acara ini dua kali dalam satu tahun untuk menjemput para wisudawan untuk dibekali pelatihan menuju dunia kerja agar mudah terserap di dunia kerja agar mencapai cita-cita untag untuk melahirkan profil lulusan yang luar biasa.”

Sebagai pemateri pertama, Irma Novarina, S.I.Kom. memaparkan tentang personal branding. Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya ini selalu berpesan, “Apapun kalian yang tengah mengupayaan citra diri, bagaimana dikenal baik, ahli di bidang tertentu, mencintai atau consent di bidang tertentu. Kalian harus jujur juga jangan munafik.” Membangun personal branding, lanjut Irma, dapat dilakukan dengan memanfaatkan banyak platform yang ada, “Fasilitas yang ada di sekeliling kalian, platform di sekeliling kalian ini bisa dimanfaatkan, kemas yang baik, jangan takut mencoba jangan juga ragu sama managemen karena sebenarnya itu adalah tiga kunci dasar sebelum kalian berproses,” tuturnya.

Selaras dengan pemateri sebelumnya, Alda Maharanti Aradista, S.Psi yang merupakan Alumni Fakultas Psikologi Untag Surabaya juga membagikan ilmunya untuk membuat CV dan berjejaring di LinkedIn. Talent Acquisition di RuangGuru ini menyampaikan bahwa persiapan untuk masuk di dunia kerja itu bukanlah proses yang singkat, banyak hal yang perlu disiapkan, dan yang ia tekankan adalah perihal membuat networking yang luas serta improve skill.

Sebagai penutup, Wiwin Widiasih, ST., MT menyampaikan pesan kepada partisipan tentang kiat sukses memasuki dunia kerja di era digital “5C yang juga perlu kalian miliki ketika nanti berada di dunia kerja. Misalnya collaborative upgrading yaitu kemampuan berkolaborasi dengan yang lain, creative skill dengan ide sendiri tanpa mencontoh dan communication skill penting juga.” Dia menambahkan, “Complex problem solving skill diperlukan, menguasai permasalahan yang sangat kompleks untuk diselesaikan.” tandasnya. (hs/um/rz)



PDF WORD PPT TXT