Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

UNTAG Surabaya Matangkan Konsep Pembelajaran E-Learning

Saat ini pembelajaran diharapkan mampu dilakukan dimana saja dan kapan saja. Terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0, Dosen sebagai pendidik harus mampu beradaptasi dengan teknologi digital guna memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswa. Dengan konsep pemanfaatan teknologi, konsep pembelajaran berbasis web atau dikenal dengan e-learning menjadi solusi yang baik. Dalam hal ini, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya telah mengimplementasikan konsep ­e-learning dalam kurikulum pembelajaran selama hampir satu setengah tahun. Namun dirasa kurang maksimal.

“Kita semua sangat semangat untuk membangun e-learning yang kemudian menemukan satu program yang nyaman untuk diimplementasikan, yaitu edmodo. Walaupun memang belum mempunyai aturan yang baku,” terang Dr. IGN Anom Maruta, MM., dalam sambutannya, Rabu (23/10). Dalam kegiatan Sosialisasi dan Workshop E-Learning di Lingkungan UNTAG Surabaya, Wakil Rektor 1 UNTAG Surabaya itu berharap adanya kegiatan kali ini menjadi upaya untuk meningkatkan kinerja layanan sivitas akademika UNTAG Surabaya juga kualitas perkuliahan.

Anom melanjutkan, “kita bersama harus memahami dulu proses pembelajaran seperti apa yang dikategorikan sebagai proses pembelajaran berbasis mutu. Berulang-ulang kita akan melakukan percobaan. Kalau saat ini memang masih berbentuk blending, namun kedepan kita memikirkan dan berencana akan ada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).”

Bertempat di ruang I201, peserta yang diundang merupakan Dekan dan Kaprodi di lingkungan UNTAG Surabaya yang dirasa lebih siap melaksanakan e-learning. Yakni, Prodi Teknik Informatika untuk program Sarjana, Magister Psikologi untuk program Pascasarjana dan Doktor Ilmu Administrasi untuk program Pascasarjana. “Ini merupakan sampling untuk bisa melakukan daring. Diharapkan bisa melakukan pilot project yang nanti akan diterapkan di prodi lain karena memang persyaratannya tidak mudah. Yang penting sedikit, asal berkualitas,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, bertindak sebagai pemateri-Elsen Ronando, S.Si., M.Si., M.Sc menjelaskan ada beberapa platform yang mendukung model pembelajaran berbasis web. Salah satu platform yang memiliki model instruktur pembelajaran melalui web yang baik adalah moodle. “Dari ristekdikti sendiri memang menyarankan untuk menggunakan moodle ini,” papar Elsen yang juga merupakan Ketua Tim Pengembangan E-Learning UNTAG Surabaya. Fasilitas pembelajaran web moodle tergolong lengkap dengan fitur kegiatan pembelajaran, fitur pendukung kegiatan pembelajaran, pembatasan hak akses, pemantauan progres belajar peserta didik hingga penilaian. (ua/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda