logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Lakukan Supervisi PMMB di PT ASABRI

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali berpartisipasi dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diadakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya - Nova Natalia Fitri Anggreani menjadi salah satu peserta yang lolos PMMB pada salah satu mitra, yakni PT ASABRI (Persero) Cabang Surabaya yang bergerak di bidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang terhitung sejak awal bulan April lalu dan akan berakhir di akhir September 2022.

Selasa, (20/9) Untag Surabaya melalui Kaprodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya - Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M. dan Kepala Pengembangan Karir dan Alumni Untag Surabaya - Rahma Kusumandari, M.Psi., Psikolog. melakukan Supervisi PMMB, yang diterima langsung oleh Kepala Bidang Administrasi dan Umum PT ASABRI (Persero) Cabang Surabaya - Anugrah Mujito Pratama, S.E. dan Staf Bidang Pelayanan Pelanggan PT ASABRI (Persero) Cabang Surabaya dan juga sebagai Mentor PMMB - Vica Indres Novironica, S.E.

Anugrah menilai program FHCI ini sangat bagus dan membantu. “Program PMMB FHCI ini sangat bagus, sehingga mahasiswa bisa mengerti kehidupan di dunia kerja agar punya bekal ketika bekerja, terutama di ASABRI penggunanya mayoritas pensiunan TNI dengan karakter yang berbeda,” katanya. Menurutnya, mahasiswa Untag Surabaya adaptif dan cepat belajar. “Nova disiplin dan tepat waktu. Selama magang tidak pernah terlambat dan selalu ikut briefing pagi. Proses pembelajaran ditangkap dengan cepat. Setelah dua bulan pembekalan, ketika dia dilepas oleh mentor, sudah bisa mandiri,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Vica bahwa adaptasi Nova berlangsung pesat. “Wajar apabila awalnya canggung, namun ASABRI Pusat memberikan pembekalan terkait gambaran business process aplikasi yang digunakan, dan menemui beberapa tantangan salah satunya menghadapi pensiunan yang sepuh tentu harus adaptasi. Selain itu setelah dua bulan, Nova mulai profesional dan memiliki kemandirian bekerja,” ungkapnya. Baik Anugrah maupun Vica kehadiran mahasiswa Untag Surabaya sangat membantu pihaknya. “ASABRI sedang gencar melakukan dengan digitalisasi untuk sosialisasi pada satuan dan mitra. Ke depan kami harap pada PMMB, Untag Surabaya bisa mengirim mahasiswa Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi atau Manajemen,” sebutnya.

Sementara itu, Nova yang berkesempatan magang di ASABRI ini bersyukur mendapat pengalaman baru. “Senang karena bisa dapat pengalaman baru di dunia pekerjaan, apalagi bisa menggunakan ilmu yang diterima di kuliah. Saya ditempatkan di pelayanan asuransi seperti pengecekan berkas dan registrasi,” tuturnya. Nova mengaku dapat menerapkan ilmu selama berkuliah. “Peserta asuransinya berbeda-beda jadi harus banyak belajar. Saya menerapkan public speaking dan etika seperti yang dipelajari selama di bangku perkuliahan,” kata Mahasiswa semester tujuh ini.

Ni Made mengutarakan rasa bangganya Untag Surabaya dapat berkolaborasi dengan PT ASABRI (Persero) Cabang Surabaya. “Semoga bisa terus berlanjut karena mahasiswa bisa belajar secara praktek. Jadi mengetahui langsung kondisi yang ada di lapangan atau dunia kerja,” ujarnya.

Selain itu, Kepala PKA Untag Surabaya juga berharap kemitraan dapat terus terjalin lebih luas. “Kami terbuka untuk kolaborasi. Jika berkenan, akan melalui MoU agar lingkup kerja sama semakin luas mengingat ASABRI bertujuan untuk menggencarkan digitalisasi layanan,” jelasnya. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT