Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Untag Surabaya Lakukan Kolaborasi Internasional

Kamis (14/5), delapan Perguruan Tinggi di Indonesia, Malaysia dan Timor Leste melakukan penandatanganan kolaborasi internasional. Kesemuanya adalah Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Kadiri, Politeknik Piksi Input Serang, STMIK Widya Utama Purwokerto, Universitas Flores Ende, Institute of Business (IOB) Timur Leste, Politeknik Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah dan Untag Surabaya. Penandatanganan MoU dilakukan melalui media zoom meeting dan dihadiri oleh pimpinan masing-masing Perguruan Tinggi. Kolaborasi Internasional ini dijembatani oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Provider Indonesia Jaringan Pendidikan Nasional (Kopertip Jardiknas). Sekaligus dipandu oleh Dewan Pembina Kopertip Indonesia, Dr. AB Susanto.

Wakil Rektor III Untag Surabaya, Dr. Ir. Muaffaq A. Jani, M.Eng menuturkan kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen Universitas untuk melakukan internasionalisasi kampus. Hingga saat ini, Untag Surabaya sudah memiliki kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri, seperti Rusia, Thailand dan Malaysia. “Kami berharap mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di universitas-universitas yang saat ini sedang melakukan kerjasama dengan Untag Surabaya,” tutur Muaffaq. Hal ini, sambungnya, berkaitan dengan kebijakan terbaru Mendikbud, Kampus Merdeka.

Senada dengan Muaffaq, Augusto Soares-Rektor Institute of Business (IOB) Timur Leste berharap penandatanganan kerjasama yang terlaksana akan berwujud kegiatan pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Mungkin nanti akan ada exchange lecturer. Yang kedua, mahasiswa dari 6 perguruan tinggi bisa ke Timor Leste maupun mahasiswa Timor Leste bisa ke 6 perguruan tinggi. Kemudian nanti kita bisa melakukan penelitian bersama atau kegiatan lain yang terkait dengan 3 pilar Pendidikan Tinggi,” ujarnya.

Menutup kegiatan, Direktur Eksekutif Kopertip-Ibud Budiyanto menyampaikan kegiatan penandatanganan ini berjalan dengan lancar meski dilaksanakan melalui media telekonferensi. Dirinya berharap penandatanganan nota kesepahaman bisa diwujudkan dengan berbagai impelementasi. Ibud berharap, “semoga bisa merealisasikan apa yang sudah dikerjasamakan.” (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda