logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Kembangkan Bakat Gamers Melalui UKM e-Sport

Saat ini olahraga elektronik atau e-Sport banyak diminati oleh masyarakat Indonesia terutama pada kalangan milenial. Begitu juga dengan mahasiswa Untag Surabaya. Peminat e-Sport di Kampus Merah Putih ini sangat tinggi. Melalui pra-UKM e-Sport, Untag Surabaya melakukan pembibitan terhadap atlet olahraga elektronik atau e-Sport. “Kami berawal dari komunitas dengan kesamaan hobi, hingga sekarang akan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) resmi di Untag Surabaya,” tutur Fahmi Muhammad, ketua Pra-UKM e-Sport saat diwawancara. Disebutkan olehnya, saat ini anggotanya berjumlah kurang lebih 200 mahasiswa dengan 10 divisi jenis permainan, dari Mobile Legend, PUBG, Free Fire hingga Valorant.

Tak dapat dipungkiri, bermain game terkadang masih dipandang kurang baik. Meski faktanya, industri game saat ini makin berkembang dan punya sumbangsih besar dalam bidang kreatif. Sejak adanya industri e-Sport, game bukan lagi permainan tanpa menghasilkan apapun. “Pada e-Sport kita tidak hanya bermain saja, melainkan dibutuhkan teamwork dan juga konsistensi dalam latihan. E-Sport merupakan olahraga elektoronik yang membutuhkan profesionalitas dan kompetitif didalamnya,” papar Fahmi. Dijelaskan olehnya, pada tiap sesi latihan anggota e-Sport Untag Surabaya tidak hanya bermain, melainkan melakukan evaluasi. Jam latihan juga dibatasi. “Kami lakukan evaluasi setelah bermain, cari tahu apa yang kurang sehingga bisa bermain lebih baik lagi. Kerjasama juga terbentuk dengan baik,” jelasnya. 

Meski masih seumur jagung, pra-UKM e-Sport ini telah memiliki beberapa pencapaian, baik di tingkat regional maupun nasional. Fahmi menyebutkan, “e-Sport Untag Surabaya pernah lolos di tingkat regional PUBG Mobile Campus Championship yang merupakan kompetisi PUBG Mobile terbesar di Indonesia. Selain itu, 2 tim e-Sport Untag Surabaya juga pernah masuk 8 besar Liga Mahasiswa se-Jawa Timur.” Tiga tim e-Sport Untag Surabaya juga berlaga pada National Virtual Sport Competition (NVSC) yang digelar oleh BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), Sabtu (9/1) kemarin. 3 tim yang berlaga adalah tim Untag Connivens 2, Untag Brave 1 dan Untag Brave 2. Masing-masing beranggotakan 5 orang. Pada ajang nasional ini, tim e-Sport Untag berada pada peringkat 32 besar dari 90 tim yang berlaga. “Kita berhasil lolos ke Ronde 3 setelah memenangkan 3 pertandingan, tetapi sayangnya langkah kita harus berhenti pada tahap itu,” ungkap mahasiswa semester 5 prodi Teknik Informatika itu.

Kedepan ia berharap, setelah resmi menjadi UKM, anggota e-Sport Untag Surabaya tetap konsisten dalam meningkatkan prestasi. Hal ini juga menjadi pembuktian diri sebagai komunitas professional dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang produktif. “Semoga anggota kami makin berkembang sehingga dapat mengharumkan nama Untag Surabaya,” harapnya.



PDF WORD PPT TXT