Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Untag Surabaya Gotong Royong Lawan COVID-19

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak COVID-19, Untag Surabaya melakukan pembagian masker pada puskesmas yang berada di sekitar lingkungan kampus. Total 10 puskesmas yang mendapat donasi masker dengan masing-masing mendapat bantuan sejumlah 200 masker. 10 puskesmas itu diantaranya: Puskesmas Pembantu Semolowaru, Puskesmas Klampis Ngasem, Puskesmas Pembantu Barata Jaya, Puskesmas Pembantu Medokan Semampir, Puskesmas Pembantu Pustu Penjaringan Sari Surabaya, Puskesmas Medokan Ayu, Puskesmas Medokan Ayu, Puskesmas Rungkut Barata, Puskesmas Gunung Anyar, Puskesmas Pucang Sewu dan Puskesmas Menur.

Abraham Ferry Rosando, SH., MH., perwakilan Untag Surabaya menyebutkan, pembagian masker ini ditujukan pada masyarakat pengunjung puskesmas. Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19.  “Ini merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Harapannya masyarakat bisa membekali diri mereka dengan alat pelindung diri paling sederhana,” terangnya saat diwawancara, Jumat (15/5).

Salah satu penerima donasi masker, dr. Medyana Puspita mengapresiasi aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Kampus Merah Putih. Perwakilan Puskesmas Menur itu menuturkan, “Terimakasih banyak pada Untag Surabaya, ini sangat membantu kami.” Rencananya, masker yang diterima akan diberikan pada staf pelayanan puskesmas dan masyarakat pengunjung puskesmas.

                Selain itu, juga dilakukan pembagian bantuan sosial berupa sembako pada mahasiswa Untag Surabaya terdampak COVID-19. Sejumlah 250 paket sembako diberikan kepada mahasiswa. “Pembagian sembako diberikan pada mahasiswa khususnya mahasiswa perantauan yang tidak bisa pulang kampung,” ujar Ferry. Data mahasiswa yang diperoleh merupakan hasil kerjasama dengan BEM Untag Surabaya agar tak salah sasaran.

Dijelaskan oleh Ferry, hasil donasi kali ini merupakan kerja gotong royong dari seluruh sivitas akademika Untag Surabaya. Seluruh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni hingga Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya turut serta dalam aksi kemanusiaan ini. “Hasil donasi yang diterima kemarin berjumlah kurang lebih 33 juta rupiah, dan kami alokasikan untuk masker juga bantuan sosial,” sambungnya. Rencananya, akan kembali diadakan pembagian bantuan sosial yang diberikan kepada petugas di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sekitar kampus.

Sinergi dalam melakukan aksi kemanusiaan tak hanya dilakukan oleh pihak kampus. Hampir seluruh Organisasi Kemahasiswaan, Program Studi (Prodi), hingga Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) Untag Surabaya juga melakukan kegiatan serupa. “Jadi rasanya hampir tiap minggu kami semua sinergi bergerak dibidang sosial,” tutur Ferry. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda