logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Buka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur RPL

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan penyetaraan atas pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Untag Surabaya menggelar sosialisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM RPL) dengan dihadiri oleh seluruh Kepala Program Studi (Prodi) di lingkungan Untag Surabaya. Setelah tahun lalu mendapat bantuan pemerintah (BanPem) RPL tipe A bagi dua Prodi, yaitu Prodi Manajemen dan Teknik Informatika. Kini Untag Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru jalur RPL bagi 16 Prodi.

Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. menyebutkan pada tahun ini Untag Surabaya resmi membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur RPL. “Alhamdulillah akhirnya pada Tahun 2023 kami akan membuka jalur RPL untuk penerimaan mahasiswa baru, bahkan tahun lalu kami mendapatkan BanPem untuk menstimulasi pembuatan baik aturan, pedoman, maupun sistem informasinya,” sebutnya dalam sambutan.

Hal senada Ketua Tim RPL Untag Surabaya - Dinda Lisna Amalia, S.Sos., M.A mengungkapkan sesuai dengan amanat pemerintah, Untag Surabaya turut berkontribusi untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap individu untuk menempuh pendidikan formal, nonformal dan informal melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan kesempatan penyetaraan terhadap kualifikasi tertentu. “Untag Surabaya menyelenggarakan RPL untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan formal ke jenjang lebih tinggi yang pada akhirnya adalah pemberian bukti hasil belajar berupa Ijazah,” ungkap Dinda.

Pembukaan jalur RPL ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dinda menjelaskan bahwa Melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah. “Calon pendaftar akan melakukan asesmen, dimana capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah,” jelasnya.

Dinda menambahkan terdapat dua tipe RPL berdasarkan jenis pengalaman atau pembelajaran masa lampaunya, yaitu tipe A berdasarkan pendidikan formal lain yang diperoleh dari sebuah perguruan tinggi lain dan tipe B berdasarkan berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau dari pengalaman kerja. “RPL yang diakui dapat berasal dari pendidikan formal lain yang diperoleh dari sebuah perguruan tinggi lain (Tipe A1) atau berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau dari pengalaman kerja (Tipe A2),” tandas Dosen Ilmu Komunikasi ini. (am/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?