logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya adakan kuliah tamu guna Menyoroti Peminatan Geo Tech di Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) menyelenggarakan kuliah tamu sebagai rangkaian kegiatan dalam Civil Untag Festival 2024. Bersinergi dengan Badan Usaha Milik Yayasan (BUMY), kegiatan ini dihadiri oleh 200 mahasiswa teknik sipil dan berlangsung di Gedung R. Ing Soekonjono lantai enam Untag Surabaya pada senin, (4/3).

Kuliah tamu ini dihadiri langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Sipil Untag Surabaya – Faradillah Saves, S.T, M.T. Dalam sambutannya, Faradillah juga sebagai inisiator acara, menyampaikan tujuan utama kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan tentang apa saja yang dipelajari di Prodi Teknik Sipil. "Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan lebih dalam tentang bidang sipil geotech agar mahasiswa lebih siap untuk memilih peminatannya nanti," ujarnya.

Faradilla menekankan pentingnya memahami cabang peminatan ini secara mendalam untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di lapangan. Acara ini menghadirkan dosen terkemuka di Universitas Trisakti dan praktisi berpengalaman yang juga menjabat sebagai direktur sekaligus pemilik PT Geotech Efathama – Aksan Kawanda. Tak hanya itu, Aksan juga merangkap sebagai tenaga ahli di Pusat Pengembangan Urban Nasional (PUPN) Jakarta.

Pada acara tersebut, Aksan memberikan pengetahuan dan pengalamannya yang luas dalam bidang geo tech. Dia memaparkan betapa pentingnya investigasi tanah yang komprehensif dalam proses pembangunan infrastruktur. "Tanah adalah fondasi dari segala sesuatu yang kita bangun di atasnya. Tanpa pemahaman yang mendalam tentang sifat dan karakteristik tanah di lokasi tersebut, pembangunan infrastruktur tidak akan optimal dan dapat menghadapi berbagai risiko yang tidak diinginkan," ungkap Aksan.

Selain itu, Aksan juga memberikan wawasan tentang peran geo tech dalam pengembangan infrastruktur modern. "Geo tech bukan hanya tentang menggali tanah dan membuat fondasi. Ini juga tentang bagaimana kita menggunakan teknologi dan pengetahuan yang ada untuk membangun infrastruktur yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan," tambahnya. (ma/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?