logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tutup 2021, Untag Surabaya Gelar FGD Diseminasi Hasil Penelitian Program MBKM

Rabu, (29/12), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menutup tahun 2021 dengan agenda Focus Group Discussion (FGD) Diseminasi Hasil Penelitian bertajuk ‘Program Pembelajaran Kolaboratif yang Berorientasi pada Penelitian dan Pengabdian Masyarakat’. Diskusi ini selain menghadirkan tujuh ketua kelompok hibah penelitian, Hery Murnawan, S.T, M.T., Dheny Jatmiko, Shum., M.A., Dr. Ulfi Pristiana., Anggraeny Puspaningtyas, S.AP, M.AP., Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, M.P., Dr. Nanis Susanti, M.M, dan Y.B. Agung Prasaja, M.Hum. juga melibatkan jajaran pimpinan Universitas, Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., Wakil Rektor I – Harjo Seputro, S.T., M.T., dan Wakil Rektor II – Dr. Abdul Halik, M.M..

FGD dilakukan secara tiga sesi diskusi. Sesi pertama, ketua kelompok peneliti berdiskusi bersama Warek I dan para Kaprodi, ketua kelompok peneliti memaparkan hasil dan kendala yang dialami selama proses berlangsungnya kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menghasilkan 25 rekomendasi. Rekomendasi tersebut akan dikaji dan ditelaah kembali bersama Warek II dan Dekan pada sesi kedua. Terakhir, pada sesi ketiga, rekomendasi tersebut disaring menjadi 15 dan di diskusikan lebih lanjut bersama tingkat rektorat sehingga menghasilkan sebuah kebijakan atau regulasi.

Terdapat enam fokus pada dalam pembahasan FGD, yakni kurikulum, dosen, mahasiswa, fasilitas, mitra, dan pembiayaan. Salah satu rekomendasi dari Dekan Fakultas Teknik – Dr. Ir. H. Sajiyo, M.Kes. Ia mengusulkan adanya sistem integrasi data. “Semua unit yang membutuhkan bisa mengakses dengan mudah,” ujar Sajiyo. Adapula rekomendasi lainnya seperti Kepala Biro Rektorat – Abraham Ferry Rosando, SH., MH., mengenai dukungan Universitas terhadap akomodasi, transport, dan sosialisasi kebijakan MBKM yang juga terkait rekomendasi bidang akademik secara menyeluruh agar perlu lebih di tingkatkan kembali. “Ini membutuhkan payung yang lebih tinggi, semua kebijakan MBKM terkait rekomendasi bidang akademik bisa dimasukkan dalam buku panduan akademik revisi atau penambahan pada buku panduan yang telah diterbitkan rektor di 2019 lalu,” ujar Ferry yang juga Dosen Fakultas Hukum Untag Surabaya.

Menuai tanggapan Warek I mengenai regulasi yang akan ditetapkan, menurutnya dari hasil hibah Kerjasama Kurikulum MBKM yang pertama telah menghasilkan buku panduan tentang MBKM, yang telah disempurnakan oleh lima program studi (yang juga menerima hibah). Namun, dalam panduan tersebut masih perlu untuk disempurnakan kembali. “Nampaknya itu sekarang belum cukup terbukti dalam pelaksanaan MBKM, terutama terkait kebijakan yang sudah diambil ternyata tidak secepat perkembangan regulasinya. Terbukti dalam buku panduan itu masih terlalu sederhana sehingga belum mengakomodasi,” ujar Warek I yang juga sebagai Dosen Fakultas Teknik. Harjo juga menambahkan, secara SOP seharusnya buku panduan itu juga mencantumkan peran mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan agar tidak muncul keraguan lagi.

Disambung oleh Warek II, menanggapi terkait anggaran hingga dukungan fasilitas dan akomodasi ketika melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di luar Untag Surabaya. “Kami akan diskusikan di rebo an (red: rapat mingguan), kalau memang tidak dapat hibah dan mahasiswa tersebut memang berpotensi silahkan diajukan saja, apalagi kalau kegiatan tersebut menambah nilai kriteria 9 standar dan dibutuhkan untuk pemenuhan IKU,” papar Halik.

Raktor Untag Surabaya juga menyampaikan dukungan positif terhadap keberlangsungan kegiatan MBKM penelitian maupun pengabdian masyarakat. “Intinya Rektor akan mendukung kegiatan apapun selama untuk nilai positif dan kemajuan Universitas,” tegasnya. Prof Nug juga mengharapkan adanya sinergi dan gotong royong antara seluruh sivitas akademika Untag Surabaya. Dan kiranya buku pedoman dapat lebih didetailkan terkait MBKM ini,” tutupnya. (oy/rz)



PDF WORD PPT TXT