Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Tri Dharma Perguruan Tinggi di RS Adi Husada Undaan Wetan

Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya memberikan pelatihan Bahasa Inggris untuk pegawai di lingkungan Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya. “Pelatihan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Ini merupakan misi untuk menggalang koneksi (networking) dengan institusi serta upaya kami untuk dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas SDM. Melalui kerjasama dengan RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya kami memberikan pelatihan selama enam bulan mulai dari Maret hingga Agustus 2019,” kata Dekan FIB-Drs. Danu Wahyono, M.Hum. Sebelumnya Danu menandatangani Memorandum of Understanding bersama Direktur Utama RS-dr. Irawati Marga, MARS, QIA, CMA.

Pelatihan selama enam bulan itu digelar secara rutin setiap hari Jumat dan Sabtu serta diikuti oleh 98 pegawai di lingkungan RS mulai dari perawat hingga petugas keamanan. Tenaga pengajar dalam pelatihan ini adalah para Dosen Prodi Sastra Inggris yang bergantian setiap minggunya dan dibantu oleh beberapa mahasiswa tingkat akhir. Dr. Pariyanto, M.Ed.-Dosen Sastra Inggris yang turut menjadi tutor menuturkan, “Dalam pelatihan yang dilaksanakan di ruang pertemuan RS tersebut, peserta dibagi ke dalam dua kelas yakni kelas Pre-Intermediate dan kelas Intermediate. Materi pelatihan yang diberikan meliputi communication skills dan medical professionals serta berfokus pada kemampuan berbicara.”

Sebelumnya pelatihan ini turut didampingi oleh tiga Mahasiswa dari Oklahoma University dan Florida University serta satu volunteer dari EQWIP HUBs Canada, Rebecca yang sedang melakukan kunjungan ke UNTAG Surabaya. Kriesty salah satu peserta merespon positif dan mengaku mendapat manfaat dari pelatihan ini, “I really enjoy the English course, sir because I can keep speaking English, especially when the native English speakers joined our class,” tuturnya kepada tutor. Pariyanto menambahkan, “Hal ini secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa Prodi Sastra Inggris Untag Surabaya memiliki kualitas dan daya saing yang dapat diakui melalui keberhasilannya melakukan pelatihan Bahasa Inggris.”

dr. Anang Pitoyo-Kepala SDM RS Adi Husada mengatakan, “Pelatihan ini sesuai dengan visi kami untuk dikenal baik secara nasional maupun internasional. Maka komponen penting untuk mencapai visi tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan, misalnya melalui peningkatan kemampuan komunikasi dengan Bahasa Inggris. Hal ini juga sejalan dengan kondisi RS yang banyak mendapat pasien dari luar Indonesia.” Dia berharap, “Semoga kerjasama antara Prodi Sastra Inggris UNTAG Surabaya dengan RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya dapat terus berlanjut utamanya di bidang pengabdian melalui pelatihan Bahasa Inggris. Kami harap tahun depan akan diadakan pelatihan lagi untuk gelombang yang kedua.” (um/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda