logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tingkatkan Pembangunan Daerah dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Untag Surabaya Siap Bersinergi dengan Kabupaten Lamongan

Sesuai dengan moto ‘An Empowering and Networking University’, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai lini. Kamis, (7/4) di Ruang Bina Praja Setda Kabupaten Lamongan telah terlaksana penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. dengan Bupati Kabupaten Lamongan – Dr. H. Yuhronur Efendi, M.B.A. Kerjasama yang dibangun terkait pembangunan daerah dan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU juga dilakukan dengan 3 Perguruan Tinggi lain di Jawa Timur yakni Universitas Muhammadiyah Surabaya, Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Malang.

Dr. H. Yuhronur Efendi, M.B.A atau yang akrab disapa Pak Yes meyakini bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam membangun Kabupaten Lamongan adalah melakukan kolaborasi dengan 4 Perguruan Tinggi di Jawa Timur. “Ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Dengan adanya kolaborasi ini kiranya dapat menjadi dorongan dan energi positif bagi kita semua,” ujarnya.

Pak Yes memaparkan, Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak dapat berjalan sendiri dalam menangani seluruh persoalan. Maka perlu menerapkan kolaborasi pentahelix yang melibatkan akademisi, businessman, beberapa komunitas, dan media massa. “Walaupun Pemerintah merupakan garda terdepan tetapi kita punya prinsip berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Tujuannya agar elemen-elemen ini dapat bekerjasama dengan baik. Maka dari itu, kami menerapkan pentahelix dalam seluruh persoalan” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, tiap pimpinan perguruan tinggi diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan. Prof Nugroho menyambut dengan hangat kerja sama yang di bangun Untag Surabaya bersama Kabupaten Lamongan. Melihat banyaknya upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk mewujudkan visi misi serta meraih berbagai prestasi, membuat Prof. Nugroho bersyukur dengan adanya kerjasama ini. “Kami merasa bangga karena Kampus Merah Putih menjadi bagian dalam kolaborasi ini. Kami bersedia dan sanggup untuk mewujudkan apa yang telah kami sepakati, dalam hal ini pembangunan daerah dan pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut lagi, Prof. Nug ingin semua pihak dapat bersinergi dalam merealisasikan kerjasama ini. “Selalu saya tekankan, kami tidak ingin hanya signing saja, harus ada activity,” tambahnya. Guru Besar bidang Ilmu Akuntansi Untag Surabaya ini berharap dengan kedatangan Untag Surabaya ke Kabupaten Lamongan dapat memberikan makna dan berkat untuk kemajuan Kabupaten Lamongan. “Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan kerjasama ini memberkahi kita semua, tentunya untuk bangsa dan negara yang kita cintai serta banggakan,” tuturnya.

Di penghujung acara, Pak Yes sedikit menyinggung mengenai giat kuliah tamu bersama Fakultas Psikologi  Untag Surabaya. “Kegiatan itu diikuti oleh 600 orang, pada saat sesi tanya jawab saya sempat kaget karena ternyata banyak anak Lamongan yang menempuh studi di Untag Surabaya. Ini luar biasa sekali,” ujar Bupati Lamongan. Pak Yes juga menyampaikan harapannya, agar mahasiswa yang sedang menempuh studi di Untag Surabaya mereka dapat dibimbing dan diberi fasilitas yang sebaik-baiknya. (oy/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT