logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Terima Kunjungan UniMap Malaysia, Untag Surabaya Gelar Bilateral Workshop

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus meningkatkan kualitas publikasi jurnal diantaranya melalui jalinan kerjasama internasional. Kamis, (9/6) Untag Surabaya menerima kunjungan dari Universiti Malaysia Perlis (UniMap) Malaysia sekaligus menggelar 'Bilateral Workshop on International Standard Research and Publication'. Workshop diikuti oleh dosen lintas fakultas Untag Surabaya dan digelar secara hybrid. Kegiatan luring yang bertempat di Auditorium Gedung Pusat Yayasan dan Rektorat lt. 6 ini merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Untag Surabaya bersama UniMap Malaysia pada tahun 2019 silam.

Kunjungan Tim UniMap Malaysia diterima langsung oleh Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA beserta para jajarannya. Dalam sambutannya, Prof. Nugroho mengajak para dosen dan peserta untuk aktif meneliti dan menulis jurnal. “Memacu ranking tidak akan bisa tanpa Sinta dan Scopus. Untuk itu mari kita, terutama para Dosen, untuk aktif dalam menulis jurnal internasional bereputasi dan sekaligus webometrics juga akan meningkat,” lugasnya.

Pada kesempatan yang sama, Principal Investigator UniMap Malaysia – Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad memberikan sambutan tentang pentingnya kolaborasi. “Kolaborasi merupakan bagian paling penting dalam aktivitas universitas. Hal ini sesuai kebutuhan manusia untuk bersosialisasi walau mengalami kesulitan bahasa. Kolaborasi akan memperkuat relasi,” katanya. Menurutnya, workshop ini dilakukan untuk mendiskusikan progres penelitian bersama dan berbagi informasi terkait penelitian dan publikasi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bilateral Workshop – Erni Puspanantasari Putri, ST., M.Eng., Ph.D. menyampaikan pelaporan fokus pada kegiatan ini. “Fokusnya pada kolaborasi riset dan tujuan rangkaian workshop ini untuk memotivasi dan menambah wawasan sivitas akademika Untag Surabaya dalam menyusun publikasi penelitian berkelas internasional. Apalagi kolaborasi internasional ini bisa mendukung Indikator Kinerja Utama,” katanya. Erni menambahkan, bahwa kegiatan workshop akan dibagi dalam parallel session, yang melibatkan tiga prodi. “Ada workshop yang nanti terbagi menjadi tiga tempat dan tiga program studi, yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri dan Sastra Inggris beserta mahasiswanya dan akan di isi oleh Dosen UniMap Malaysia,” sebutnya.

 Parallel Session Prodi Teknik Informatika bertema ‘Open Source Operating System’ bertempat di Ruang Q205 menghadirkan narasumber yakni Guru Besar Universiti Malaysia Perlis - Prof Ir. Ts. Dr. R.Badlishah Ahmad dan Dosen Prodi Teknik Informatika Untag Surabaya - Intan Dzikria, S.Kom, M.IM., Ph.D. Adapun Dosen Universiti Malaysia Perlis - Ts. Dr. Wan Zuki Azman Wan tampil sebagai pemateri dan Dosen Prodi Teknik Industri Untag Surabaya - Dr. I Nyoman Lokajaya, ST., MM. menjadi pemateri dalam Parallel Session Prodi Teknik Industri bertema ‘Quality Control’ yang bertempat di Ruang Q210. Dengan tema ‘New Normal Education’, Parallel Session Prodi Sastra Inggris bertempat di Laboratorium Fakultas Ilmu Budaya menghadirkan dua Dosen Universiti Malaysia Perlis, yakni Dr. Sharmini Abdullah dan Dr. Rozilawati Mahadi. (um/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT