Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Terangi Jalan Ngagel Dadi Gang H

Kurangnya penerangan lampu di beberapa jalan RW 10 dapat membahayakan warga saat malam hari datang. Inilah yang menjadi latar belakang program Perbaikan dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan oleh Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler Kelurahan Ngagel Rejo RW 10. Robert Wibowo Ketua Divisi TTG menuturkan, “Penerangan di setiap jalan tidak merata. Ada beberapa jalan yang lebih gelap jika dibandingkan dengan jalan lainnya. Oleh karena itu penerangan ini bertujuan untuk dapat mencegah kejahatan di malam hari di RW 10 dan warga pun dapat beraktivitas dengan baik di malam hari karena sudah tidak gelap lagi. Tak hanya itu, kami juga membantu permasalahan konsleting lampu dan pembaharuan lampu dan kabel yang rusak di beberapa rumah warga.”

Sebelum program dilakukan, Robert dan timnya harus melakukan survey dan menentukan titik lampu yang perlu ditambah atau diperbaiki. Akhirnya pemasangan lampu penerangan jalan dilakukan di Jl. Ngagel Dadi 1-H RT 05 RW 10, Kelurahan Ngagel Rejo Surabaya. Robert menerangkan, “Kami harus membuat tiang lampu dengan ketinggian ±3 meter di atas permukaan tanah. Setelah itu memasang kap dan fitingan lampu pada tiang lampu. Setelah terpasang, kami menanam tiang lampu pada tanah.” Tak berhenti sampai di situ, dibantu oleh warga setempat Robert dan timnya memasang sensor LDR pada area terbuka dan sambungkan kejalur kabel lampu yang akan dipasangi sensor, dilanjutkan dengan pemasangan jalur kabel dan dihubungkan ke sumber tegangan yaitu listrik Rumah warga.

Robert merasa terharu dengan bantuan warga setempat, “Mereka mempersilakan kami melakukan program ini dan memberikan bantuan tenaga dan fasilitas yang dibutuhkan seperti listrik, tangga dan gergaji. Bahkan ada warga yang merelakan pohon ceresnya yang sudah besar ditebang untuk dipasang tiang lampu.” Atas perbaikan dan pemasangan instalasi penerangan jalan, Umiyati - Ketua RT 05 berterima kasih kepada mahasiswa KKN UNTAG Surabaya, “Program ini sangat membantu dalam penerangan jalan yang selama ini jalanan gang H gelap. Dan beberapa masyarakat kurang tahu betul kenapa lampu teras mereka tidak bisa menyala atau bisa korslet saat hujan. Dengan adanya instalasi ini, jalan menjadi hidup sehingga saat malam tiba aktivitas pun lebih lancar dibanding sebelumnya.” (um/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda