Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Teknik Informatika Gandeng Data Science Indonesia (DSI) Jatim Gelar Workshop Big Query & Machine Learning with Google Cloud

Program Studi Teknik Informatika Untag Surabaya menggelar Workshop bertema “Big Query & Machine Learning with Google Cloud”, Sabtu (4/5). Workshop kali ini bekerjasama dengan Data Science Indonesia (DSI) Jawa Timur dan bertempat di Ruang Seminar Gedung Q Untag Surabaya. Erald, Ketua Pelaksana acara dan merupakan anggota DSI Jatim ini mengaku bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama DSI Jatim bekerjasama dengan Untag Surabaya. “Ini memang pertama kali kami mengadakan kegiatan yang bekerjasama dengan Untag Surabaya dan juga Google Platform, dan ini event yang cukup besar. Kami sangat bersyukur bisa bekerjasama dengan Untag,” ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan lebih detail mengenai DSI Jatim. “Data Science Indonesia ini semacam komunitas. Jadi kami sering kumpul bareng dan ngoding bareng. Cuma, kita ada legal hukumnya karena dibawah Yayasan. Jadi semacam komunitas, tapi ada legal hukumnya. Jadi kita punya hak untuk bekerjasama dengan instansi manapun, salah satunya Untag Surabaya,” urainya.

Pria dengan nama lengkap Erald David Sibatuara ini pun menuturkan dalam workshop kali ini peserta akan dikenalkan dengan google platform. Ia menjelaskan, “Google platform ini semacam fasilitas dari google untuk bisa mengolah data dengan demikian rupa. Punya satu alat sendiri untuk mengolah data. Kita coba mengenalkan bagaimana menggunakannya dan juga memberikan akses untuk belajar.”

Dalam workshop yang terlaksana selama dua hari ini, proses belajar yang didapat oleh peserta bukan hanya pemberian materi saja, melainkan juga praktek. Dari total 150 peserta yang hadir dibagi dalam 3 kelas yang berbeda sehingga diharapkan fokus pada pembelajaran yang didapat. “Hari pertama pembukaan, besok praktik. Kami bakal bimbing ketika ada praktik,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 3 Untag Surabaya-Dr. Ir Muaffaq A. Jani., M.Eng dalam sambutannya berharap dengan adanya Workshop seperti ini menjadi media untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat umum. “Semoga kesempatan ini benar-benar dipakai untuk belajar bersama sehingga mampu memanfaatkan teknologi ini termasuk sebagian besar datanya untuk kepentingan dan kemaslahatan negara,” pesan dosen Fakultas Teknik itu. (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda