Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Tas Kanvas, Solusi Kurangi Limbah Plastik

Penggunaan kantong plastik hampir di semua pusat perbelanjaan kian meresahkan. Dampaknya tidak hanya pada pencemaran lingkungan, tetapi juga pada hewan. Meskipun penggunaannya dibatasi dengan mengenakan biaya Rp. 200, akan tetapi masih banyak orang yang tak menyadari kan bahaya kantong plastik. Menyikapi hal ini Divisi Kewirausahaan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler Kelurahan Ngagel Rejo RW 10 mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Melukis Tas Kanvas pada Minggu, (19/5). Devita Ayu Ketua Divisi Kewirausahaan mengatakan, “Melalui kegiatan ini kami mengedukasi warga setempat akan bahaya sampah plastik sehingga mereka sadar dan mau mengurangi penggunaan plastik”, tuturnya.

Kegiatan yang bertempat di Balai Ngagel Rejo RW 10 ini menghadirkan Dra. Yulyar Kartika Wijayanti, MM sebagai narasumber. Dia menjelaskan kepada Ibu-Ibu PKK akan bahaya sampah plastik yang mereka gunakan sehari-hari terutama saat berbelanja di pasar. Sebagai solusinya dia mengajak peserta untuk beralih menggunakan tas kanvas, yang bisa digunakan berulang kali. “Di sini saya memberikan alternatif berupa tas kanvas yang dihias sendiri. Selain ramah lingkungan, tas ini bebas kita hias sesuai imajinasi untuk melukis apa aja, sehingga nantinya ibu-ibu memiliki kepercayaan diri untuk menggunakan tas tersebut untuk berbelanja tanpa menggunakan tas plastik,” kata Yuliar.

Di samping mengajak para peserta untuk hidup bersih dan sehat dengan mengurangi limbah plastik, secara tidak langsung Divisi Penkes juga memberikan ide usaha kreatif kepada para peserta. Hendro Purnomo - Ketua RW 10 Kelurahan Ngagel Rejo mengatakan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan bermanfaat bagi ibu-ibu PKK mengingat sebelumnya program lukis tas ini belum pernah dilaksanakan di Kelurahan Ngagel Rejo RW 10. Apalagi kami jadi tahu bahaya dari sampah plastik dan alternatif pengganti plastik.” Dia berharap kegiatan ini bukanlah yang pertama dan terakhir karena manfaat yang dirasa positif dan antusiasme warga yang tinggi dengan kehadiran mahasiswa KKN UNTAG Surabaya. (um/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda