logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Supervisi KKN Reguler, Bupati Mojokerto Apresiasi Komitmen Untag Surabaya dalam Memajukan Kabupaten Mojokerto

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya semester gasal tahun akademik 2023/2024 telah mencapai puncaknya. Mengusung tema ‘Penerapan Inovasi dan Ipteks Patriot Merah Putih Bagi Masyarakat’, KKN Reguler ini dilaksanakan di 14 desa di kecamatan Gondang dan 4 desa di kecamatan Pacet dengan diikuti sebanyak 611 mahasiswa.

Selasa, (23/1), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan pejabat struktural Untag Surabaya melakukan supervisi lapangan guna menilai tingkat keberhasilan dan kualitas penyelenggaraan KKN.

Ketua LPPM Untag Surabaya - Aris Heri Andriawan, S.T., M.T., melaporkan bahwa mahasiswa telah menghasilkan banyak capaian luaran. "Luaran kegiatan yang dihasilkan dari kegiatan di 18 desa, yang pertama adalah teknologi tepat guna sejumlah 111 kegiatan, dari kegiatan ini menghasilkan 210 video inspiratif kegiatan yang nantinya akan kita unggah bersama melalui akun LPPM. Sekaligus dari kegiatan ini menghasilkan luaran berupa poster sejumlah 232 poster yang dapat melengkapi dokumen Sinta perguruan tinggi, juga menghasilkan 451 artikel ilmiah yang dipublikasi  melalui media massa, dan 210 artikel ber-ISBN, dan luaran tambahan sejumlah 438”, tuturnya.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. berharap bahwa dengan luaran yang dihasilkan mahasiswa, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat. "Output yang dihasilkan banyak banget, outputnya berupa artikel, outputnya berupa jurnal, dan yang lainnya juga. Tapi yang paling penting, bahwa KKN ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, itu yang terpenting", ujarnya

Sambutan baik disampaikan oleh Bupati Mojokerto – dr. Ikfina Fahmawati, M.Si., yang mengungkapkan rasa terima kasihnya ke Untag Surabaya untuk komitmen dalam berperan aktif membantu pembangunan di kabupaten Mojokerto. "Matur nuwun sanget, terima kasih yang sebesar-besarnya bahwa ketika Untag Surabaya sudah istiqomah dan komitmen untuk ikut berperan serta dalam mendorong  proses pembangunan di wilayah Mojokerto", ungkapnya.

Dalam programnya, mahasiswa menciptakan banyak inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, antara lain alat pakan ternak otomatis untuk efisiensi proses pemberian makan ternak, canting batik cap untuk meningkatkan jumlah produksi batik,  dan pendampingan UMKM untuk dapat secara mandiri masyarakat mampu mengoptimalkan aplikasi sederhana untuk mendesain. (wf/oy/rz)



PDF WORD PPT TXT