logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Sinergi Dunia Pendidikan Dan Dunia Kerja, Untag Surabaya Kerjasama dengan Dekopinda Surabaya.

Rabu (17/2), Untag Surabaya lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Surabaya. Meski dilakukan melalui daring guna mencegah penyebaran COVID-19, hal ini tidak mengurangi rasa khidmat atas terselenggaranya acara. “Terimakasih karena telah berkenan bekerjasama dengan Untag Surabaya yang cukup dikenal dengan miniatur Indonesia karena memiliki mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara,” ucap Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., Rektor Untag Surabaya dalam sambutannya.

Penandatanganan kerjasama kali mencakup bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pengabdian dan juga penelitian bersama. Selain itu diharapkan mampu melakukan kerjasama dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Kita sudah bekerjasama dengan banyak instansi, dan sama seperti yang lain harapannya tidak hanya penandatanganan saja melainkan ada aktivitas setelahnya” kata Rektor Untag Surabaya. Nugroho berharap mampu mengoptimalkan kerjasama yang ada sehingga mampu memberikan manfaat dengan memajukan bangsa Indonesia. “Mudah-mudahan manfaat dan barokah sehingga bisa bersama-sama memajukan Indonesia,” harapnya.

Menjadi perwakilan Dekopinda Kota Surabaya, Drs. Bambang S, menyebutkan adanya kerjasama ini menjadi salah satu misi dari Dekopinda untuk senantiasa berbagi ilmu pengetahuan khususnya dalam dunia perkoperasian. Hal ini, sambungnya, berdasarkan UU Nomor 25 tahum 1992 sebagai landasan keberadaan Dekopinda utamanya mengenai edukasi. “Karenanya kerjasama ini sangat penting sekali, juga sebagai bagian tak terpisahkan dari kolaborasi dan sinergi antara dunia Pendidikan dan dunia kerja,” tuturnya. Lebih lanjut ia berharap mampu membahas lebih lanjut terkait kerjasama yang ada secara luring. Terlebih kerjasma Dekopinda dan Untag Surabaya relevan untuk mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pada sesi diskusi, Dr. Tri Anjarwati, MM., menjadi perwakilan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untag Surabaya sebagai pelaksana Kerjasama. Salah satunya adalah memberikan pelatihan dalam pelaksanaan penyajian laporan keuangan. Sementara untuk mahasiswa akan diberikan pelatihan oleh Dosen maupun dari pihak Dekopinda. “Langkah selanjutnya nanti adalah MoA di fakultas dimana kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen FEB khususnya melatih koperasi-koperasi yang tergabung dengan Dekopinda,” paparnya. Hal ini disambut baik oleh perwakilan Dewan Penasihat Dekopinda yang juga alumni Untag Surabaya, Dr. Rasiyo, M.Si, “kesempatan ini juga bisa digunakan untuk belajar praktik secara langsung untuk adek mahasiswa.” (ua)



PDF WORD PPT TXT