logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Sambal Goreng Teri Antarkan Mahasiswa Untag Surabaya Lolos KBMI

Universitas 17 Agutus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya meningkatkan kreativitas mahasiswa, salah satunya kewirausahaan. Terbukti Tim Sambal Goreng Ikan Teri - Dapur Fizzul yang mewakili Kampus Merah Putih lolos dalam seleksi Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021. KBMI diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud dan bertujuan untuk memaksimalkan dan memunculkan potensi para mahasiswa melalui dunia wirausaha. Tim yang mengusung produk sambal goreng ikan teri ini diketuai oleh M. Mujaddid Izzul Ummah Mualo dengan Lamasihu Tehuayo dan Yunita Ismawati Sukunora sebagai anggota.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin, (24/5), Izzul selaku ketua tim menuturkan bahwa Sambal Goreng Ikan Teri - Dapur Fizzul memanfaatkan potensi lokal seperti ikan teri dan ubi jalar dengan melibatkan banyak pihak dalam setiap proses produksinya. “Kami memberdayakan petani tambak ikan teri di Indonesia Timur yakni Maluku dan Maluku Utara. Kemudian kami juga memberdayakan para petani ubi jalar di Jawa Timur, terutama di Jombang dan Pare,” paparnya. Tak ketinggalan, wirausaha tim Izzul juga memberdayakan ibu rumah tangga di sekitar rumah produksi.

Dalam mempersiapkan KBMI 2021, kata Izzul, timnya menghabiskan satu bulan hingga proses seleksi, “Kami persiapan segala macam keperluan data kami seperti gambar dan video dari produk sambal goreng teri kami.” Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi ini menuturkan ada dua tantangan yang dihadapi, “Yang dikompetisikan kan bisnis yang benar benar ada dan punya prospek untuk kedepannya. Tantangan menyiapkan KBMI 2021 pada bisnis kami ini seperti legalitas dan laporan keuangan yang real dan traffic-nya naik.” Meski demikian, menurutnya proses tersebut patut untuk dikenang, “Momen yang susah dilupakan adalah mengerjakan laporan keuangan sampai dini hari sekitar jam 3 pagi.”

Izzul dan timnya mengaku bersyukur karena dukungan penuh universitas, “(Biro) Kemahasiswaan (dan Alumni Untag Surabaya) sangat men-support bisnis kami. Bahkan ini yang ketiga kali saya mengikuti kompetisi wirausaha.” Sebelumnya, Izzul menjadi Juara dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2020 pada akhir tahun lalu. Oleh karena itu timnya berharap, “Semoga dengan adanya KBMI ini, bisnis kami bisa terus berkembang dengan pesat. Kami akan mengurus legalitas usaha, sehingga mampu melakukan expor di tahun ini.” Izzul dan tim pun tak akan bosan mengikuti kompetisi serupa dan coaching bisnis demi pengembangan produk mereka. (um/rz)

 



PDF WORD PPT TXT