Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Rektor Untag Surabaya Tandatangani MoU Dukung Program Kerja Peningkatan SDM Koperasi

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya turut berpartisipasi dalam Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Ke-27 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, Rabu (7/8) lalu di Grandcity Convex Surabaya. Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur itu, Rektor Untag Surabaya-Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., melakukan penandatanganan MoU bersama dengan para pelaku UMKM Jawa Timur, Perguruan Tinggi lain dan pelaku ­e-commerce.

Pada penandatangan tersebut berisi piagam kesepahaman bersama untuk melaksanakan gerakan kewirausahaan berbasis koperasi di perguruan tinggi. Pelaksanaan tersebut diharapkan terlaksana dibidang tri dharma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendukung program kerja peningkatan Sumber Daya Manusia koperasi. Wujud kerjasama antara Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Provinsi Jatim dengan beberapa Perguruan Tinggi, salah satunya Untag Surabaya ini adalah modul kewirausahaan berbasis koperasi.

Kepala Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional-Wiwin Widiasih, ST., MT., menjelaskan, selain meresmikan beberapa program yang dikembangkan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turut meresmikan kerjasama ini. “Jadi semacam peresmian modul kewirausahaan yang berbasis koperasi dari Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jatim,” kata Wiwin.

Untag Surabaya sendiri sudah memiliki rancangan modul kewirausahaan hasil kerjasama dengan salah satu partner, Eqwip-Hubs Canada. “Modul Eqwip-hubs ini masih berbentuk uji coba. Sedangkan untuk implementasi kedepan akan diadaptasi untuk dijadikan bahan ajar dosen Kewirausahaan,” lanjut Wiwin. Namun untuk modul kewirausahaan yang berbasis koperasi baru didapat dari hasil kerjasama dengan Dekopin.

Ditambahkan oleh Wiwin, “untuk modul-modul kewirausahaan kedepannya akan di­handle oleh Untag Business Incubator Center (U-BIC).” Sementara ini, tambah Wiwin, dosen-dosen Kewirausahaan memiliki buku ajar masing-masing. Untuk modul kewirausahaan berbasis koperasi akan dipakai terlebih dahulu untuk bahan ajar salah satu dosen FISIP Untag Surabaya yang juga merupakan anggota Dekopinda, Dr. Rachmawati Novaria, MM. (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda