Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Rektor Buka KKN Non Reguler Semester Genap 2018/2019

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan perwujudan nyata dari amalan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara holistik. Sebanyak 147 Mahasiswa dari lintas Fakultas mengikuti acara pembukaan dan penyerahan peserta KKN Non Reguler Semester Genap 2018/2019, (10/5). Bertempat di Meeting Room Gedung Graha Wiyata lt. 9, KKN tahun ini mengambil tema Pola Hidup Bersih dan Sehat Berwawasan Lingkungan. Peserta KKN Non Reguler akan ditempat di 2 kelurahan yakni: Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo serta RW 10 dan RW 12 Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo.

Serah terima mahasiswa KKN kepada pihak kelurahan dilakukan oleh Rektor UNTAG Surabaya Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA, CPA didampingi Wakil Rektor 1 - Dr. IGN Anom Maruta, MM.; Wakil Rektor 2 - Dr. Abdul Halik, MM. serta Wakil Rektor 3 - Dr. Ir. Muaffaq A. Jani, M.Eng. dalam sambutannya dia mengatakan, “KKN ini merupakan implementasi pembelajaran yang telah didapatkan. Apa yang telah dipelajari di kampus harus bisa diaplikasikan agar membawa manfaat bagi masyarakat.” Dia meminta para peserta KKN Non Reguler agar bersungguh-sungguh. Pasalnya KKN UNTAG Surabaya selalu dicintai masyarakat, “Di tahun-tahun sebelumnya kami mendapatkan respon positif dari masyarakat lokasi KKN, karena KKN kami berbeda dengan PTN dan PTS yang di Jawa Timur. LPPM selalu menargetkan output yang berguna bagi masyarakat yaitu berupa pengabdian.”

Lurah Ngagel Rejo - Ainur Fattah turut hadir dalam Pembukaan KKN Non Reguler. Dia berharap KKN UNTAG Surabaya mampu membawa perubahan besar, “Bangsa ini besar jika kita melakukan perubahan besar. Banyak pemimpin di negara kita, semoga UNTAG Surabaya mampu melahirkan pemimpin berkualitas.” Pihaknya bersedia untuk menjalin pola kerjasama yang baik untuk mencari kekurangan di Kelurahan Ngagel Rejo agar bisa berkembang menjadi output yang luar biasa. Tentu dibarengi dengan solusi dari mahasiswa peserta KKN.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Menur Pumpungan - Nurul Muzayanah hadir untuk menerima mahasiswa KKN. Dia merasa bangga bisa dibantu oleh UNTAG Surabaya. “Kami belum terjamah seperti kelurahan dan desa lainnya, karena itu kami butuh bantuan dan dukungan dari teman-teman KKN Non Reguler ini.” Pada periode sebelumnya, mahasiswa KKN Non Reguler membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang membawa Kelurahan Menur Pumpungan mendulang banyak prestasi, “6 di antara prestasi yang kami dapatkan berkat dukungan KKN UNTAG Surabaya. Apalagi kami pernah menang Green and Clean terbaik atas partisipasi masyarakat berkat dukungan dana dan sumbangsih pemikiran KKN UNTAG Surabaya. banyak perubahan positif, misalnya jalan yang bolong sudah diperbaiki.” (um/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda