logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Raker Akademik: Optimalisasi MBKM hingga Internasionalisasi

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2021 selama dua hari, Senin-Selasa (15-16/11). Rapat kembali digelar secara luring dengan mempertimbangkan kondisi PPKM Surabaya yang sudah berada di level 1. Bertempat di Graha Widya lantai 2, Raker diikuti oleh 83 peserta yang terdiri seluruh pejabat struktural Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan juga dihadiri oleh Rektor Untag Surabaya-Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., beserta jajaran serta Sekretaris YPTA Surabaya-H. R. Djoko Soemadijo, SH., dan Bendahara YPTA Surabaya-J. Subekti, SH., MH.

Pada sambutannya, Rektor Untag Surabaya-Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., menyampaikan laporan kemajuan Untag Surabaya pada tahun 2021, utamanya dalam penggunaan platform Elitag, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Hibah Dosen dan Mahasiswa serta Indikator Kinerja Utama (IKU) Untag Surabaya. Prof. Nugroho menyoroti pelaksanaan program MBKM mahasiswa yang kurang memenuhi skor maksimum minimal. “Masih 12.511 mahasiswa yang terlibat program MBKM, dimana hanya 4.27% presentasenya dari skor maksimum 30%. Butuh peningkatan agar mahasiswa semakin banyak yang terlibat program ini,” paparnya. Disisi lain, ia mengapresiasi kinerja dosen yang berkegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di luar kampus. Disebutkan oleh Prof. Nugroho, jumlah presentase dosen yang terlibat melampaui skor maksimum 20% yakni 29,1%.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nugroho juga menegaskan kembali fokus renstra kepemimpinannya untuk Untag Surabaya tahun 2021-2025. Pada periode kedua kepemimpinanya, Prof. Nugroho berfokus pada peningkatan SDM, internasionalisasi, layanan berbasis IT serta peningkatan proses pembelajaran. Hal ini juga sejalan dengan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. “Butuh kerjasama dan sinerginya juga gotong royong bersama,” pungkas Prof. Nugroho. Memaparkan sekilas program kerja Bidang Akademik & Kemahasiswaan (BKA), Wakil Rektor 1 Untag Surabaya-Harjo Seputro, ST., MT., menjelaskan roadmap Untag Surabaya dibidang akademik utamanya hybrid learning dalam kurun waktu satu tahun sejak pandemi hingga new normal. Misalnya, pelaksanaan integrated LMS regular & MOOC, transformasi digital, bauran pedogogi dan andragogi, kurikulum Outcome Based, pengembangan & kemitraan MOOC hingga peningkatan digital teaching skills.

Mendukung pelaksanaan renstra Universitas serta capaian IKU, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan lebih lanjut program kerja masing-masing badan atau lembaga, yakni Biro Akademik, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Badan Pengembangan Akademik (BPA), Badan Penjaminan Mutu (BPM), Direktorat Sistem Informasi (DSI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Badan Kerjasama (BK). (ua/rz)



PDF WORD PPT TXT