Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Prof. Dr. Burhan Bungin, M.Si.,Ph.D Terbitkan Buku Audit Komunikasi Edisi Pertama

Prof. Dr. Burhan Bungin, M.Si.,Ph.D kepala Program Studi Doktor Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untag Surabaya kembali menerbitkan buku Audit Komunikasi tentang pendekatan dan metode asesmen sistem informasi dan komunikasi dalam organisasi edisi pertama. Buku itu diterbitkan oleh Prenada media group Jakarta dengan ISBN 978-602-1186-69-5.

Sistem komunikasi telah dilihat sebagai suatu aspek yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas suatu organisasi atau perusahaan modern. Berbagai upaya meningkatan produktivitas organisasi tidak terlepas dari upaya meningkatkan kelancaran informasi dalam suatu organisasi. Informasi menjadi aspek generik yang setiap saat harus dikontrol dan diperiksa kesehatannya, sehingga tidak mengganggu dan berdampak negatif pada aspek lainnya.

“ Tindakan tersebut tidak terlepas dari usaha mengaudit informasi di dalam sistem komunikasi organisasi atau perusahaan,” kata Dosen FISIP itu di dalam bukunya.

Audit  komunikasi dalam suatu organisasi atau perusahaan tidak saja dapat dilaksanakan pada praktik komunikasi dalam organisasi formal, namun juga organisasi nirlaba seperti institusi keluarga, komunikasi dan Lembaga Swada Masyarakat (LSM). “ Seperti lembaga amal, organisasi politik, social, serta berbagai organisasi yang mempunyai struktur dan pengguna secara khusus,” imbuhnya.

Buku yang ditulis Burhan bersama dengan rekannya Rosli Mohammed, M.Sc.,Ph.D dosen senior dan deputi dekan pada School of Multimedia Technology and Communication, College of Arts and Science, University Utara Malaysia, terbagi dalam tiga bagian dari Sembilan bab yang menjadi substansi penting buku yang membahas perihal “Audit Komunikasi” ini.

Bagian pertama yakni bab yang mengurai pentingya audit komunikasi. Bagian kedua menyajikan bab-bab yang menjelaskan bagaimana  audit komunikasi dilaksanakan; mengurai model dan proses audit; diagnosis organisasi, proses pengumpulan informasi, menilai teknologi yang digunakan, perencanaan komunikasi strategis, penulisan laporan audit dan masalah etika audit. Adapun pada bagian ketiga berisi bab yang mengurai contoh audit komunikasi.

Login dengan Username dan password Siakad Anda