Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Prodi Teknik Industri Resmi Terakreditasi A

Kabar baik diperoleh salah satu Program Studi (Prodi) Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Per tanggal 7 Mei kemarin, Prodi Teknik Industri resmi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri, Ir. Tjahjo Purtomo, MM., mengucap syukur atas capaian yang diraih Prodi Teknik Industri, “alhamdulillah kami mendapat kabar baik dari BAN PT bahwa Prodi Teknik Industri mendapat hasil reakreditasinya A. Untuk sementara SK nya masih belum turun karena sedang proses. Dan itu merupakan prestasi yang terbaik.”

Sebelumnya, Prodi Teknik Industri mendapatkan visitasi pada bulan April lalu dengan Prof. Dr. Ir. Humala L Napitupulu, DEA dan Ir. Bernadus Kristyanto, M.Eng. Ph.D sebagai assesor. “Asesmen pada 22-24 April kemarin dan alhamdulillah berjalan lancar,” ujar pria yang akrab disapa Tjahjo itu.

Ia menjelaskan, pada Mei tahun 2017 prodi Teknik Industri juga pernah mengajukan reakreditasi dan mendapatkan hasil predikat B. Namun, Rektor Untag Surabaya kemudian memberikan mandat amanah untuk Prodi Teknik Industri agar kembali mengajukan reakreditasi. “Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat, kami diberi wewenang untuk reakreditasi oleh Rektor,” terangnya.

Ketika ditanya mengenai persiapan reakreditasi, Tjahjo menuturkan bahwa prodi Teknik Industri membentuk Tim Tujuh untuk membantu jalannya reakreditasi guna mencapai hasil yang maksimal. “Kalau reakreditasi Universitas kemarin, kan, ada Tim Sembilan. Dari Prodi membentuk Tim Tujuh untuk mengevaluasi ulang berkas akreditasi yang lalu. Jadi referensi bahan atau berkas-berkas yang kurang untuk dilakukan evaluasi lagi,” akuinya.

Tim Tujuh sendiri diketuai oleh Ir. Asmungi, MT., dengan beranggotakan Herlina, ST., MT., Wiwin Widiasih, ST., MT., Hilyatun Nuha, ST., MT., Siti Muhimatul Khoiroh, ST., MT., Handy Febri Satoto, ST., MT., dan Putu Eka Dewi Karunia Wati, ST., MT. Kesemuanya merupakan dosen Prodi Teknik Industri. “Alhamdulillah membawa hasil dan dampak yang sangat positif,” ungkap Tjahjo.

Kedepan Prodi Teknik Industri tengah merencanakan untuk mengadakan Program Studi Pascasarjana Teknik Industri dan Keprofesian. Selain itu, Tjahjo juga menyebutkan bahwa akan mengevaluasi kembali mengenai penerjemahan Karakter Bangsa pada Visi Misi Prodi Teknik Industri. “Ini urgent, karena memang tolak ukurnya masih belum jelas. Namun dari kami sejauh ini berusaha untuk mengimplementasikannya, seperti praktikum terintegrasi,” terangnya. Tjahjo berharap, dengan perolehan akreditasi A, akan berdampak dengan meningkatnya mutu lulusan. Selain itu, adanya kabar baik yang diperoleh Prodi Teknik Industri, juga akan membantu proses reakreditasi yang diajukan oleh Prodi Teknik Arsitektur dalam waktu dekat. (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda