Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Prodi Sastra Jepang Kembali Adakan Ujian Beasiswa MEXT

Seleksi Beasiswa Monbukagakusho/MEXT kembali digelar di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dengan Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya sebagai tuan rumah. Seleksi beasiswa bergengsi dari Pemerintah Jepang ini dilaksanakan di Meeting Room Graha Wiyata lantai 1 UNTAG Surabaya pada Kamis, (11/7). Sebelumnya kami bekerjasama dengan prodi Sastra Jepang yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Nihongo Benron Taikai tahun ke-40. Tentu saja melalui jalinan kerjasama ini kami ingin mempererat hubungan antara UNTAG Surabaya dengan Konsulat Jenderal Jepang,” kata Ketua Prodi Sastra Jepang-Dra. Endang Poerbowati, M.Pd saat ditemui di akhir seleksi. Dia yang turut menjaga langsung rangkaian seleksi, menerangkan, terdapat 3 jenjang seleksi, yakni: jenjang Undergraduate (Gakubu), jenjang College of Technology (Kosen) serta jenjang Specialized Training College (Senshu).

Beasiswa yang sebelumnya dikenal sebagai beasiswa Monbusho ini merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Ada 7 jenis beasiswa, yaitu: research student, research student university to university, undergraduate/gakubu (S1), college of technologi/kosen (D3), specialized training college/senshu (D2), teacher training dan japanese studies. Dijelaskan oleh Endang, “Biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini antara lain biaya studi dan biaya hidup. Tentunya tanpa ikatan dinas.”

Endang menuturkan, sebelumnya seleksi beasiswa Monbukagakusho untuk wilayah Jawa Timur dilaksanakan di berbagai tempat. Namun ke depannya, UNTAG Surabaya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pada tahun berikutnya. “Terpilihnya kembali UNTAG Surabaya sebagai tempat diadakannya seleksi Beasiswa Monbukagakusho ini merupakan bentuk wujud kerjasama dengan Konsulat Jenderal Jepang,” katanya. Dirinya berharap, “Semoga seleksi beasiswa ini mampu memotivasi mahasiswa UNTAG Surabaya, khususnya prodi Sastra Jepang untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri terlebih Jepang.” (um/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda