logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Symposium bersama Xavier University Filipina

Capaian akreditasi A memacu Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 (FISIP Untag) Surabaya untuk terus meningkatkan kerjasama internasional. Salah satunya adalah dengan menggelar ‘The Undergraduate Research Symposium’ yang merupakan kolaborasi dengan Devolopment Communication Departement College of Agriculture Xavier University - Ateneo de Cagayan, Filipina. Kegiatan yang digelar secara daring pada Rabu, (31/5) ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari kedua perguruan tinggi.

Dekan College of Agriculture Xavier University - Ateneo de Cagayan - Dr. Maria Rosario Masqeuda menyebutkan bahwa symposium tersebut merupakan momen historis. “Tentu pengalaman yang unik bagi mahasiswa untuk mempresentasikan penelitian dan menerima feedback serta menambah jejaring dan pertemanan,” katanya. Maria memuji para mahasiswa delegasi kedua universitas. “Saya mengapresiasi keberanian, dedikasi dan komitmen karena tidak mudah untuk meneliti di tengah pandemi. Harapannya bisa digelar tahunan agar kita bisa merayakan kesuksesan mahasiswa secara kolektif. Kami juga terbuka untuk projek kolaboratif lainnya,” lanjutnya.

Dekan FISIP Untag Surabaya - Dr. Ayun Maduwinarti, MP menyambut baik harapan Maria untuk berkolaborasi dalam penelitian. “Ini merupakan merupakan tindaklanjut dari Memorendum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani sebelumnya dan menjadi suatu awal yang baik untuk pelaksanaan kegiatan kolaborasi yang akan datang,” tuturnya. Ayun pun berharap, symposium tersebut menjadi awal bagi kolaborasi lainnya. “Kegiatan yang akan datang tidak hanya symposium saja mungkin saja kegiatan join research kemudian Student Internship, pertukaran mahasiswa dan saya yakin banyak hal yang dapat diadakan kerjasama khususnya untuk komunikasi,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya - Mohammad Insan Romadhan, S.I.Kom., M.Med.Kom. “Symposium ini merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas exposure, sehingga akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan tahunan,” ujarnya. Insan berharap para mahasiswa bisa mendapatkan dampak positif. “Pelaksanaan symposium undergraduate research ini diharapkan dapat memberikan dan menambah pengalaman para mahasiswa bagaimana berinteraksi di dunia internasional,” harapnya.

Pada symposium tersebut, masing-masing universitas mengirimkan mahasiswa untuk melakukan presentasi penelitian mereka. Sepuluh delegasi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya mempresentasikan penelitian dibidang kajian Media dan Komunikasi. Mereka adalah Insani Aulia Razan, Kalista Ratri, Annissa Latifa S., Nurul Fitriyani, Shintya Dwi S., Natasha Erika A., Elisabeth Dinda W., Vania Shafa M., Hilza Yudistira, dan Hesti Rochmat Wulandani. Sementara Xavier University - Ateneo de Cagayan mengirimkan delapan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini yang membahas penelitian seputar Komunikasi Pembangunan di bidang Agrikultur. Sesi ditutup dengan forum terbuka bagi seluruh partisipan untuk tanya jawab. (um/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT