Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Persiapan Karir BUMN bagi Lulusan Vokasi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Pada Senin (28/10), Fakultas Vokasi Untag Surabaya mengadakan kuliah tamu bertajuk “Persiapan Karir di BUMN bagi Lulusan Vokasi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Bertempat di Meeting Room Graha Wiyata lantai 1 Untag Surabaya, narasumber yang hadir merupakan Direktur Operasional PT Perkebunan Nusantara XI, Dr. Daniyanto, ST., M.Eng. Dekan Fakultas Vokasi, Ir. Gatut Budiono, M.Sc., dalam sambutannya menyambut kedatangan narasumber di Kampus Nasionalis ini. “Kami ucapkan terima kasih karena telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan wejangan,” ujarnya.

Ir. Gatut menjelaskan adanya kuliah tamu seperti ini bertujuan untuk membuka wawasan bagi mahasiswa. “Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan dan ilmu untuk kalian diluar rutinitas antara dosen dan mahasiswa,” terangnya dihadapan mahasiswa Fakultas Vokasi.

Lebih lanjut ia mengatakan dapat berkarir di BUMN menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karenanya, menjadi hal yang cukup prestisius apabila lulusan vokasi mampu bergabung di BUMN. Ia berharap maahsiswa mampu menyerap ilmu dan melihat peluang untuk persiapan karir di BUMN. Sementara pada narasumber, Ir. Gatut berharap, “mudah-mudahan di waktu kedepan bisa bersinergi dengan kita semua.”

Memasuki sesi materi, Dr. Daniyanto didampingi oleh Ir. Amelia Nirmalawati, MT., dosen Fakultas Vokasi yang bertindak sebagai moderator. “Kalau bicara BUMN tidak sama dengan PNS,” terang Dani membuka materinya. Meskipun, dalam pelaksanaannya, BUMN diharapkan mampu memberikan kontribusi pada negara. BUMN juga dituntut untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta dituntut untuk membuat inovasi baru. “Kami harus menjadi pioner untuk melakukan usaha yang belum dilakukan pihak swasta,” sambungnya.

Dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, BUMN juga dituntut untuk melakukan sinergi dengan perusahaan nasional lainnya. “Hal tersebut untuk mengurangi biaya agar harganya lebih murah dan memudahkan masyarakat,” jelasnya. Selain itu juga banyak transformasi yang dilakukan oleh BUMN, contohnya PT KAI.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang dikabarkan akan menggantikan banyak sekali lapangan pekerjaan, Dani menekankan agar mahasiswa Fakultas Vokasi memiliki kemampuan berbahasa yang baik. “Kalau bisa harus menguasai bahasa asing. Juga memiliki pemahaman dasar serta ilmu statistik,” urainya. Dalam pemaparannya, Dani juga memberikan informasi adanya rekrutmen yang dilakukan oleh BUMN dalam waktu dekat. “Monggo kalau alumni Untag mau kesana,” katanya. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda