Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Perpustakaan UNTAG Surabaya Akan Menerapkan Pelayanan Berbasis Web Standar ASEAN

Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya demi meningkatkan kualitas pelayanan akan menerapkan pelayanan berbasis web denagan standart pelayanan tingkat ASEAN karena semakin banyaknya pengunjung dan majunya teknologi . Perpustakaan kampus ada di gedung Graha wiyata lantai 2 dan 3.

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan UNTAG demi menunjang proses belajar-mengajar  mahasiswa maupun dosen untuk mencari bahan-bahan kuliah, mengerjakan tugas kuliah, maupun membaca dengan suasana yang santai dan nyaman.

Lutfi mahasiswa Fakultas Psikologi semester 1 mengatakan, dia berkunjung ke perpustakaan dengan tujuan mengerjakan tugas, baca buku dengan santai dan nyaman karena perpustakaan dilengkapi fasiltas AC, TV, dan WIFI (24/10/2014).

“Karya ilmiah di perpustakaan sudah banyak. Dari pelayanannya pun bagus, saya menyukai baca buku fiksi. saya berharap ada penambahan buku khususnya buku-buku fiksi. Dan saya berpesan kepada mahasiswa lainnya sering-seringlah ke perpustakaan kampus jika mengerjakan tugas karena tempatnya lebih nyaman daripada di luar perpustakaan,” tambah luffi.

Nurhalimah mahasiswa angkatan 2014 mengatakan hal sama seperti Lufti. Halimah berpesan agar fasilitas perpustakaan lebih ditingkatkan lagi karena mahasiswa semakin banyak.

“Selama saya ada di sini, saya belum pernah mendapatkan keluhan dari mahasiswa karena kami berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin dan untuk menciptakan kenyamanan mahasiswa, kami menyediakan area WIFI, pelayanan elektronik dan untuk menyimpan tas-tas mahasiswa disediakan loker yang memadai. Selain itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari tenaga kerja perpustakaan, kita latih dengan seminar-seminar, pelatihan dan workshop,” kata Bambang Agustono, SH Ketua Perpustakaan.

“Salah satu pelayanan yang ada di perpustakaan adalah pelayanan sirkulasi yaitu peminjaman, pengembalian, pemesanan dan perpanjangan buku. Pelayanan referensi yang menyediakan acuan bagi mahasiswa. Sebelum tahun 2014 pengunjung perhari bisa mencapai 300 mahasiswa dan tahun ini pengunjung semakin banyak. Para pengunjung tidak hanya mencari buku-buku tetapi juga skripsi, tesis, disertasi dan banyak lagi aktifitas mereka seperti ngenet, berdikusi dan lain-lain. Demi meningkatkan kualitas pelayanan, kedepan kami akan menerapkan pelayanan berbasis web seiring dengan semakin banyaknya pengunjung dan majunya teknologi,” tambah Bambang.

Eko Halim Santoso, S.Kom Programer BSI juga menambahkan “ Program pelayanan perpustakaan yang berbasis web ini di Perpustakaan Untag Surabaya sedang dalam proses pembuatan, bahwa sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dibangun dengan perangkat lunak PHP dan MySQL, dapat bekerja dalam jaringan internet, dengan kemampuan dapat menerima data kunjungan terhadap WEB perpustakaan, melayani registrasi anggota untuk mendapatkan akses yang lebih luas, memberikan layanan kebutuhan informasi terhadap ketersediaan buku dalam bentuk SMS gateway dan E-mail, melayani pemesanan dan pengambilan pesanan buku dari anggota, melayani transaksi peminjaman dan pengembalian secara langsung.anggota, dan cara kerja program web tersebut mempunyai standar perpustakaan yang sudah ada ditingkat ASEAN .” . 

Login dengan Username dan password Siakad Anda