logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Perkuat Silaturahmi dan Kebersamaan, YPTA Surabaya Gelar Halalbihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M

Kamis, (18/4), Pasca Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H, Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya mengadakan Halalbihalal Keluarga Besar YPTA Surabaya dengan tema ‘Membangun Sinergi dan Merajut Kasih dalam Keberagaman di Hari Kemenangan’. Bertempat di Gedung Graha Widya lantai dua, halalbihalal diikuti oleh seluruh pengurus YPTA Surabaya, jajaran dosen, tenaga kependidikan Untag Surabaya, Kepala Sekolah dan Guru SMATAG beserta SMPTAG Surabaya.

Sejalan dengan tema yang diusung, Ketua YPTA Surabaya – J. Subekti, S.H., M.M. mengatakan saat ini momentum Idul Fitri tidak hanya menjadi Hari Kemenangan bagi umat muslim, namun umat beragama lain turut jabat hati dan menunjukkan betapa bangsa Indonesia mencintai persatuan dan kesatuan. “Sebuah tema yang memberi makna betapa bangsa Indonesia khususnya sivitas akademika YPTA Surabaya sangat menjunjung pentingnya arti persatuan, kesatuan, serta kasih antar umat beragama,”  tuturnya saat memberi sambutan.

Baginya Perguruan Tinggi tidak hanya berperan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa namun menumbuhkan keimanan dan keyakinan pada aspek agama bagi sivitas akademika. “Selain menumbuhkan intelektualitas, kami juga berusaha memupuk spiritualitas seluruh sivitas akademika YPTA Surabaya. Untuk itu mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh, selalu tanamkan kejujuran dan niat baik, karena kita semua diutus Tuhan untuk berbakti pada bangsa dan negara melalui pengabdian,” terangnya.

Apresiasi turut diberikan oleh J. Subekti kepada sivitas academica YPTA Surabaya yang telah memberikan sumbangsih nyata untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. “Terima kasih kepada Untag, SMATAG dan SMPTAG Surabaya karena telah mencapai prestasi yang luar biasa, betapa moralitas, spiritualitas dan patriotisme betul-betul diajarkan di lembaga pendidikan yang kami bina ini. Ini merupakan sumbangsih kami untuk bangsa Indonesia,” lanjut Subekti.

Pada kesempatan ini, Ustad Dr. KH. M. Syukron Djazilan, M.AG., M.Pd hadir memberikan Tausyiah mengenai pentingnya menjaga silaturahmi dan persaudaraan antar sesama manusia. “Menjalin silaturahmi merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam dan melakukannya harus dengan basic kasih sayang. Dengan silaturahmi kita dapat mempererat hubungan dengan sesama manusia agar kehidupan berjalan dengan baik,” paparnya.

Ustadz Syukron Djazilan juga menekankan bahwa silaturahmi memiliki potensi besar untuk membawa berbagai manfaat, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. “Dalam kehidupan dunia, silaturahmi dapat menghadirkan keberkahan, kebahagiaan, serta mempermudah perjalanan hidup. Dan yang tak kalah penting, di akhirat, silaturahmi memiliki memiliki potensi menjadi salah satu amal kebaikan kita,” ujarnya.

Dalam rangkaian Halalbihalal juga turut diisi dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Mahasiswa Teknik Mesin Untag Surabaya – Wahid Maulana R. dilanjutkan dengan laporan Ketua Ta’mir Masjid Baitul Fikri Untag Surabaya – Muhamad Faisal, ST., MT. serta ditutup dengan momen berjabat tangan dan saling memaafkan antar seluruh keluarga besar YPTA Surabaya. (oy/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?