Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Perkembangan Teknologi Ternyata Turunkan Daya Fokus Manusia

Di era teknologi tinggi seperti saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih dengan adanya berbagai jenis jejaring sosial. Selain bisa memperoleh informasi dengan cepat, ternyata perkembangan teknologi seperti saat ini memberi dampak buruk lain kepada manusia.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Microsoft, teknologi ternyata mempunyai pengaruh terhadap berkurangnya daya fokus manusia. Secara khusus, Microsoft melakukan penelitian dampak teknologi terhadap daya fokus manusia ini secara khusus dilakukan dengan subjek masyarakat di Kanada.

Dalam penelitian tersebut, Microsoft mengungkapkan kalau pada tahun 2000, masyarakat Kanada rata-rata mempunyai daya fokus selama 12 detik. Namun, pada tahun 2013, kemampuan fokus masyarakat Kanada mengalami penurunan. Di tahun tersebut, rata-rata kemampuan fokus para responden hanya selama 8 detik. Dan kabar buruknya, daya fokus selama 8 detik tersebut tidak lebih baik jika dibandingkan dengan seekor ikan koki.

Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga mempunyai dampak bagus. Microsoft menemukan kalau saat ini manusia mempunyai kemampuan untuk multitasking yang lebih baik. Kemampuan untuk memilih hal yang lebih diprioritaskan juga mengalami peningkatan.

Nah, bagi Anda yang tak bisa lepas dari gadget, apakah mengalami fenomena serupa? Tentu saja hal ini bisa berbeda untuk masing-masing orang. Terlebih penelitian ini dilakukan di Kanada. Tak menutup kemungkinan kalau penelitian serupa dilakukan di Indonesia, hasilnya bakal berbeda.

via Ubergizmo

 

Login dengan Username dan password Siakad Anda