Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Peringati Dies Natalis ke-34, BEM Usung Konsep Psikologi Senada

Memperingati Dies Natalis Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya ke-34, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi mengadakan serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan agenda. Salah satunya yakni Talkshow Moodbooster. Terlaksana di gedung Graha Wiyata lantai 9 UNTAG Surabaya, talkshow yang juga merupakan launching buku berjudul “Moodbooster” ini mendatangkan 5 narasumber: Defi Aryani, S.Psi., M.Psi., Adiyah Lediyawati, Psikolog, Endang Widoretno, S.Psi., M.Psi, Rr. Ivonne Yanti S, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Dr. Niken Titi Pratitis, S.Psi., M.Psi. Kelimanya merupakan alumni dan juga Dosen Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya.

“Jadi buku berjudul “Moodbooster” itu merupakan karya antologi yang juga ditulis oleh alumni Psikologi UNTAG Surabaya,” terang Amaylia Dewi Arum, ketua pelaksana kegiatan Dies Natalis saat diwawancara, Selasa (12/11). Pada buku bersampul merah ini berisi sekumpulan tulisan dari berbagai sudut pandang mengenai cara menulis, salah satunya dari sudut pandang Psikologi.

“Menulis bukan bakat. Menulis merupakan bagian dari kecemasan yang bisa bermanfaat untuk kita sendiri dan orang lain,” merupakan salah satu kutipan menarik dari buku ini. Dilanjutkan oleh Amaylia, “nanti setelah kegiatan ini akan ada Workshop dimana peserta akan diajari cara menulis buku itu bagaimana. Kalau tulisannya terpilih, maka nanti bisa dijadikan buku.”

Sebelumnya, menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis, BEM Fakultas Psikologi membuka layanan konsultasi psikologi untuk masyarakat umum. Mengangkat tema “Care for Mentality”, konsultasi gratis ini terlaksana di Taman Flora Surabaya. “Kegiatan ini juga memperingati hari kesehatan mental se-dunia,” kata Amaylia.

Selain mengadakan konsultasi gratis dan talkshow, BEM Fakultas Psikologi juga mengadakan futsal antar mahasiswa Psikologi serta Kompetisi Video Poster. Rangkaian kegiatan juga dilanjut dengan Bedah Film “Joker” dengan Drs. Herlan Pratikto, M.Si sebagai pembedah.

“Nanti di akhir bulan November ini akan ada acara puncak dengan konsep retro,” terang Amaylia. Kegiatan bernama “Splendid Night Full of Memory” itu akan diisi oleh penampilan dari mahasiswa maupun alumni. Selain itu, mahasiswa juga akan menampilkan teatrikal sebagai nostalgia mengenang perjalanan Fakultas Psikologi selama 34 tahun silam.

Ditambahkan oleh Amaylia, konsep Dies Natalis kali ini membawa tema besar “Psikologi Senada”. Kata Senada, terangnya, merupakan kepanjangan dari Semangat Elaborasi dan Aktualisasi dalam Aksi. “Memang lebih ke kepanitiaan sih, menggambarkan kepanitian kami,” paparnya. Namun, dalam puncak acara nanti, ia berharap mampu menjalin relasi lebih baik lagi dengan alumni. “Bisa mengenang jadi harmoninya makin menyatu,” harapnya. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda