Mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya – Mohammad Adji Romadhon terpilih menjadi salah satu mahasiswa peraih karya menarik terbaik dengan judul penelitian ‘Efektivitas Metode Role Play Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Anak Disleksia’. Calon wisudawan Untag Surabaya tahun akademik 2023/2024 yang akrab disapa Adji ini mengaku penelitiannya bermula dari melihat banyaknya fenomena anak Sekolah Dasar (SD) pengidap disleksia yang sering dianggap kurang asertif karena kesulitan dalam berkomunikasi bahkan takjarang dianggap bodoh karena otak mereka kesulitan mengolah informasi data dalam bentuk tulisan, kata dan bunyi bahasa. Keterbatasan yang dimiliki anak disleksia ini yang menyebabkan mereka cenderung menarik diri dari lingkungan yang menjadikan mereka kurang asertif.Bloom dkk. (2009) memposisikan perilaku asertif sebagai jalan tengah antara perilaku agresif dan pasif.
Anak disleksia dengan kekurangan yang dimiliki, respon yang diberikan anak dengan gangguan disleksia bisa mengarah pada dua kutub yang berbeda, adji menggunakan istilah radikal kanan atau radikal kiri untuk membaginya. “Radikal kanan (agresif) ini cenderung mendominasi bahkan mengintimidasi rekannya karena berusaha menutupi kekurangannya sehingga perilaku yang mencul adalah defense mechanism. Sedangkan radikal kiri cenderung (pasif) atau menarik diri dari lingkungan, bahkan efeknya adalah menjadi korban bullying. Sehingga dirasa perlu untuk melakukan intervensi untuk meningkatkan perilaku asertif anak disleksia,” papar Adji.
Melalui penelitian eksperimennya, Adji berusaha mengusung salah satu metode pembelajaran yang cocok digunakan anak-anak disleksia untuk meningkatkan perilaku asertif, yakni melalui metode Role Play atau bermain peran seperti sekolah-sekolahan, dokter-dokteran, polisi-polisian, atau jual-jualan. Tidak hanya itu, melalui bermain peran tersebut mereka juga bisa mendramatisasikan tingkah laku dan mimik wajah dalam mengungkapkan perasaan yang sedang dialami. “Sebenarnya metode ini akan mengarahkan siswa untuk lebih kreatif dalam menirukan berbagai kegiatan menjadi dramatis, baik itu ide, situasi, maupun karakter khusus. Sehingga bisa terbentuk perilaku asertif,” kata mahasiswa yang berhasil menyelesaikan Program Magisternya dalam waktu 1,5 tahun dengan IPK 3,76 ini.
Menggunakan subjek 20 siswa disleksia ringan di salah satu SD Negeri Surabaya, Adji mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan mulai dari screening awal hingga menyelesaikan penelitiannya. “Screening awal pra penelitian saya gali data ke sekolah mengenai anak-anak yang diduga mengalami disleksia atau learning difficulties (kesulitan belajar spesifik) dengan IQ minimal normal namun prestasi akademik rendah. Saya juga bekerja sama dengan salah satu biro psikologi untuk mengadakan tes IQ lagi dan melakukan Screening disleksia dengan mengacu pada DSM V dari sekian banyak siswa yang memenuhi kriteria penelitian ada 20 siswa dengan disleksia ringan 8 perempuan 12 laki-laki sebagai subjek,” lanjutnya.
Dari hasil signifikan, . Perilaku asertif saat pre test (rerata= 11,0) mengalami peningkatan saat post test (rerata= 25,5). Perilaku asertif siswa sebagian besar meningkat semula berada pada kategori kurang asertif sebanyak 65% siswa dan setelah diberi perlakuan metode role play sebanyak 55% siswa meningkat menjadi cukup asertif. “Perubahannya hanya satu loncatan interval yang semula kurang asertif menjadi cukup asertif karena untuk merubah perilaku seseorang prosesnya cukup panjang, sedangkan pertemuan yang saya lakukan hanya sekitar delapan kali terbagi menjadi satu kali perkenalan dan pemberian materi pengantar, enam kali intervensi role play dan satu kali psikoedukasi kepada orangtua. Saya menyadari bahwa dalam penelitian ini, masih terdapat banyak kekurangan.,” terang Adji.
Adji berharap kedepanya penelitian ini bermanfaat secara teoritis dengan menambah pengetahuan tentang gangguan belajar spesifik (disleksia) pada anak dan bermanfaat Secara praktis dapat membantu orang tua, sekolah, dan peneliti selanjutnya dalam menangani disleksia serta meningkatkan perilaku asertif. sehingga dapat memberikan kebermanfaatan bagi banyak siswa-siswa disleksia lainnya. “Harapannya juga pelan-pelan mereka mulai terbiasa mengungkapkan perasaannya dengan asertif,” ungkapnya. (oy)