Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Peduli Lingkungan, Untag Surabaya Adakan Talk Show Sustainable Business

Minggu (4/8), Untag Surabaya berkolaborasi dengan UN Habitat, Nol sampah, EQWIP HUBs dan Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) akan mengadakan kegiatan peduli lingkungan bertajuk “Sustainable Business” di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Isu lingkungan memang menjadi hal yang selalu menarik untuk dibicarakan. Meski begitu, tidak banyak orang yang juga peduli tehadap lingkungan. Sebagai universitas yang meraih predikat Eco Campus, Untag Surabaya mempertahankan dan terus meningkatkan kepedulian sosial dengan pengkayaan wawasan terkait kepedulian lingkungan.

Tema Sustainable Business sendiri bukan merujuk pada kegiatan yang berhubungan dengan dunia bisnis, melainkan diartikan sebagai kegiatan sehari-hari yang berkelanjutan. Dr. Ir. Retno Hastijanti, M.T., selaku koordinator acara menuturkan, “tema ini menekankan pada hal yang berkelanjutan, pada lingkungan hidup. Jadi semacam kegiatan yang dapat memberi manfaat berkelanjutan pada lingkungan dari generasi satu ke yang lain.”

Kali pertama, Untag Surabaya dengan Lembaga lain yang terkait akan mengimplementasikan kegiatan peduli lingkungan di KBS. Adapun kegiatan kali ini dimulai dengan talk show yang diisi oleh pemateri dari komunitas dan instansi atau lembaga masing-masing. Hermawan, ahli plastik dari Nol Sampah akan memulai dengan pemberian wawasan terkait dengan cara hidup yang ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.  Selanjutnya, dari pihak KBS akan menjelaskan mengenai pengaplikasian kegiatan peduli lingkungan di Kebun Binatang.

“Sementara itu, pihak Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) mewakili sekolah Adiwiyata akan mempresentasikan proyek enterpreneur yang tidak hanya meningkatkan softskill siswa tetapi juga memberi sumbangan pada keberlanjutan lingkungan,” terang Hasti yang akan berperan sebagai moderator acara. Selain talk show, kegiatan akan berlanjut dengan penanaman 100 bibit pohon disekitar Kebun Binatang Surabaya serta pemberian makan untuk hewan.

Kagiatan ini dapat diikuti oleh Mahasiswa yang tidak hadir secara langsung, melainkan Untag Surabaya akan memfasilitasi perangkat komunikasi dengan menggunakan media sosial seperti Zoom. Nantinya, kegiatan ini juga akan disiarkan secara langsung yang memungkinkan acara diakses dari jarak jauh. Peserta online akan dapat berinteraksi dengan pembicara melalui platform untuk tetap terlibat dalam pembicaraan. “Ini kan salah satu wujud kita beradaptasi dengan revolusi industri 4.0, dimana ada pemanfaatan teknologi. Harapannya dampak baik dari kegiatan ini bisa lebih disebarluaskan dan menjangkau peserta yang tidak bisa hadir secara langsung sehingga masyarakat banyak yang tahu” tutup dosen prodi Arsitektur Untag Surabaya itu.(ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda