Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

PAGELARAN WAYANG KULIT TUTUP PERINGATAN DIES NATALIS KE-61

Sabtu malam (7/9) tepat setelah Pagelaran Wisuda ke-119, Lapangan Parkir Timur Untag Surabaya itu terlihat penuh dengan masyarakat penikmat wayang. Pagelaran wayang menjadi penutup rangkaian Dies Natalis Untag Surabaya ke-61. Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Bima Suci itu dimainkan oleh Dalang Ki Sun Gondrong (Srinanjoyo). Sinden Nanda Sari dan Silvi CS juga turut memeriahkan acara. Serta Yudho Bakiak dan Andik tampil dengan lawaknya yang khas.

Meski telah memimpin Pagelaran Wisuda ke-119 Untag Surabaya selama hampir 8 jam, Rektor Untag Surabaya-Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., turut hadir menonton pagelaran wayang. Selain itu, jajaran Wakil Rektor serta Dekan Fakultas juga ikut menonton.

“Alhamdulillah pada tahun ini, Untag sudah berusia 61 tahun. Dan selama 61 tahun, Untag tetap berpegang teguh pada Pancasila, juga berpegang teguh dalam nguri budaya,” ujar Nugroho dalam sambutannya. Nguri budaya, lanjut Nugroho, bermakna melestarikan budaya bangsa. Salah satunya dengan menggelar pagelaran wayang kulit. “Tiap tahun Untag Surabaya memang selalu mengadakan pagelaran wayang kulit dalam memperingati Dies Natalis,” tambahnya.

Turut hadir dan memberi sambutan, J. Subekti, SH., MM-Bendahara YPTA Surabaya mengatakan, “saya ingin menonton dan mempelajari kesenian paripurna.” Menurut Subekti, berbagai cabang kesenian, seperti seni tari, gamelan, wayang dan sebagainya ada pada pagelaran wayang kulit. Ia juga bangga dengan Untag Surabaya yang selalu rutin mengadakan pagelaran wayang kulit sebagai rangkaian dies natalis. “Di Indonesia, hanya ada dua kampus yang masih menggelar wayang kulit. Hanya ada dua, salah satunya Untag Surabaya,” pungkasnya.

Selain pagelaran wayang yang dibuka untuk umum, juga terdapat pengundian doorprize dengan hadiah utama sepeda motor. Sukarngun menjadi warga yang beruntung mendapatkan hadiah utama. Laki-laki asli Bojonegoro itu berhasil membawa pulang satu unit sepeda motor setelah melakukan serah terima hadiah usai penutupan acara. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda