logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

MoU Untag Surabaya bersama Universitas Muhammadiyah Berau Wujud Sinergi Membangun Bangsa

Implementasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi terus dilakukan. Bertempat di Meeting Room lt.4 Gedung Pusat Yayasan dan Rektorat, Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M, CMA, CPA., menerima kunjungan Universitas Muhammadiyah Berau (UMB) sekaligus melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa (7/6).

Giat ini dihadiri oleh Wakil Rektor I - Harjo Seputro, ST., MT., Wakil Rektor II - Dr. Abdul Halik, MM. Beberapa dari Dekan dan Kaprodi lingkungan Untag Surabaya juga turut menghadiri pertemuan antar kedua perguruan tinggi, seperti Dekan Fakultas Ekonomi - Dr. Slamet Riyadi, M.Si., Ak., CA., Dekan Fakultas Hukum - Dr. Slamet Suhartono, S.H., M.H., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Dr. Ayun Maduwinarti, M.P., Kaprodi Doktor Ilmu Ekonomi - Prof. Dr. Tri Ratnawati, Ak., M.S., serta Kaprodi Ilmu Hukum - Dr. Yovita Arie Mangesti S.H., M.H., dan Kaprodi Doktor Ilmu Administrasi - Prof. Dr. V. Rudy Handoko, M.S.

Sebagai daerah paling Utara di Provinsi Kalimantan Timur, Rektor Muhammadiyah Berau - Dr. H. Syarifuddin Israil, M.Pd. menjelaskan bidang utama yang sangat diperlukan adalah bidang Ekonomi. Syarifuddin mengaku saat ini UMB terdapat dua fakultas yang dimiliki salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Inisiasi dari UMB dengan Untag Surabaya, berawal dari jalinan relasi akademik yang baik antar Dosen yaitu Kaprodi Program Doktor Ilmu Ekonomi Untag Surabaya dengan mahasiswanya yang merupakan bagian dari sivitas akademi UMB. Terdapatnya jalinan relasi yang baik antara kedua Perguruan Tinggi dan mampu meyakinkan Universitas Muhammadiyah Berau untuk mengirimkan dosen dan sivitas akademikanya untuk melanjutkan pendidikan di Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Ekonomi Untag Surabaya. “Jadi teman-teman UMB ini punya pemikiran kalau kita hanya di Kalimantan dengan ilmu yang sangat terbatas, maka dari itu kita harus menyebrang pulau untuk banyak belajar, terlebih beberapa dari kami juga sudah menjalin hubungan baik dengan Kaprodi Program Doktor Ilmu Ekonomi Prof Tri FEB Untag Surabaya," jelasnya.

Rektor Untag Surabaya menyambut baik atas kesungguhan Universitas Muhammadiyah Berau untuk bekerjasama dalam membangun bangsa melalui pendidikan. “Selamat datang dan terimakasih sudah jauh-jauh datang ke Untag Surabaya, kami sangat senang dengan adanya kerjasama ini karena dibutuhkan sinergi yang baik untuk bisa membangun bangsa dan mudah-mudahan bisa segera membalas kunjungan ke Berau,” sambutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Untag Surabaya memandu jalanya diskusi antar kedua perguruan tinggi ini. Berfokus pada Program kerjasama dan research, Harjo mejelaskan Untag Surabaya hingga saat ini telah memiliki sejumlah jurnal indeks sinta. “Untag Surabaya memiliki banyak program dalam kerjasama baik pertukaran mahasiswa maupun guest lecturer, selain itu kami memiliki 35 jurnal terindeks sinta 2 hingga sinta 6. Kami juga dipercaya menyelenggarakan Pekerti dan AA serta mendapat dukungan dana hibah dari pemerintah, saat ini terdapat 2 poposal disetujui yang bisa dikembangkan untuk riset kolaborasi,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Rektor Untag Surabaya menambahkan ada harapan untuk bisa saling bersinergi bersama membangun bangsa untuk Indonesia maju. Harapan juga datang Rektor Muhammadiyah dengan adanya kerjasama ini semoga bisa meningkatkan SDM kami menjadi lebih baik. (am/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT