Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Mendapat Kunjungan Monev PSKK, Direktur LSP P1: Alhamdulillah Berjalan Lancar

Lembaga Sertifikasi Profesi P1 (LSP-P1) Untag Surabaya mendapat kunjungan monitoring evaluasi (monev) Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) tahun 2019 oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Jumat (25/10) lalu. Dalam agenda tersebut, perwakilan BNSP melakukan monev pada subsidi pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang telah diberikan oleh BNSP pada pihak LSP P1 Untag Surabaya. Pada periode kali ini, Untag Surabaya mendapat 20 paket subsidi.

“Alhamdulillah kemarin monevnya lancar. Secara administratif juga tidak ada temuan,” tutur Dr. Sumiati, MM., Direktur LSP-P1 Untag Surabaya saat ditemui dikantornya, Jumat (1/11). Saat pelaksanaan monev, ia menjelaskan perkembangan yang telah dilakukan oleh LSP-P1 Untag Surabaya selama beberapa tahun terakhir: kampus kompeten pada tahun 2018, pengembangan jumlah skema, penambahan asesor hingga kerjasama dengan pihak DU/DI.

LSP P1 Untag Surabaya juga melakukan peningkatan pelayanan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya pelayanan pendaftaran mahasiswa untuk mengikuti uji kompetensi dilakukan secara manual, tahun ini semua menggunakan sistem online. “Dengan mengubah sistem seperti ini, animo mahasiswa juga sangat besar sekali. 3 jam setelah pendaftaran dibuka, kuota langsung penuh,” kata Dr. Sumiati.

Sementara perwakilan BNSP yang datang mengapresiasi capaian yang ada. Juga memberikan sedikit masukan. “Terkait pengembangan skema, harus di maintenance dengan baik,” kata Dr. Sumiati. Pemeliharaan yang dimaksud, sambungnya, ialah memperhatikan kualitas bukan hanya kuantitas saja.

Menanggapi hal itu, direktur yang juga merupakan dosen FEB Untag Surabaya itu menyebutkan akan melakukan berbagai kegiatan guna meningkatkan kualitas. Misalnya, upgrading, pembuatan bank soal, audit internal hingga pelatihan asesor. “Itu juga kegiatan yang memang sering kami lakukan,” paparnya. Ia juga mengusahakan agar semua Ketua Program Studi (Kaprodi) maupun Dekan ditiap Fakultas untuk menjadi asesor.

Ditanya mengenai kabar penganugerahan Perguruan Tinggi Unggulan yang diperoleh Untag Surabaya, Dr. Sumiati turut merasa bangga. “Saya kira ini merupakan pencapaian seluruh pihak maupun unit yang ada di Untag Surabaya. Salah satunya dengan LSP turut menyumbangkan kampus kompeten, itu bisa jadi salah satu tolak ukurnya,” terangnya. Ia berharap semua unit mampu menjaga kualitas dibidang masing-masing sehingga mampu membuat Untag Surabaya menjadi kampus yang jauh lebih unggul. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda