Guna mencetak lulusan yang siap kerja, Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar pelatihan dengan tema ‘Great Personality for Your Career’. Pelatihan yang digelar di Auditorium lantai enam Gedung R. Ing. Soekonjono ini turut menghadirkan Dr. Bawinda Sri Lestari, M.Psi., CPS., Cht yang juga merupakan Dosen Fakultas Psikologi sebagai narasumber. Kegiatan ini turut diikuti para mahasiswa dari lintas semester dari Fakultas Psikologi, Senin (27/5).
Turut hadir memberi sambutan secara langsung, Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya – Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si. Psikolog mengatakan pelatihan ini menjadi bentuk tanggung jawab dari fakultas untuk memberikan bekal bagi calon lulusannya. “Bentuk komitmen kami dengan memberikan bekal melalui berbagai pelatihan mulai dari menulis, peningkatan wawasan dan pengetahuan hingga peningkatan skill dalam merancang karir masa depan,” ujarnya.
Lebih lanjut, Dr. Amanda juga menyampaikan bahwa fakultas akan memberikan dukungan dan fasilitas secara penuh agar para mahasiswanya dapat lulus tepat waktu. “Kami senang karena yang hadir pada pelatihan ini tidak hanya para mahasiswa yang akan lulus, namun juga mereka yang masih semester awal. Sehingga ketika fakultas memberikan informasi seputar MBKM atau program merdeka belajar yang lain, personality mahasiswa pasti akan matang,” jelasnya.
Pada kesempatan yang sama, Dr. Bawinda melalui materi yang disampaikan menjelaskan bahwa pola duduk saat melakukan wawancara dan budaya senyum perlu dilatih mulai sekarang. “Mulai sekarang, sangat penting untuk belajar duduk yang baik ketika menghadapi wawancara. Selain itu, kalian perlu terapkan budaya senyum terlebih dahulu,” terangnya.
Selain itu, Dr. Bawinda juga membagikan tips ketika menghadapi wawancara yaitu dengan memberikan kesan pertama yang positif. “Ketika menghadapi wawancara kerja, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Seperti mengenakan busana favorit dan ternyaman, menggunakan parfum untuk meningkatkan kepercayaan diri, dan menggunakan make up agar terlihat lebih segar secara tidak berlebihan,” lanjutnya.
Tidak hanya itu, Dr. Bawinda berpesan dalam dunia pekerjaan penting juga memiliki kemampuan berinteraksi yang baik salah satunya dengan rekan kerja. Menurutnya, Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja, para mahasiswa harus mampu menggunakan kalimat yang tidak memicu konflik dan menghindari untuk bersikap argumentatif. “Selain itu, dalam berinteraksi kalian juga dapat melakukan banyak hal mulai dari menyapa dengan ramah, memberikan pujian yang sepantasnya, memberikan masukan yang membanngun dan memberikan kritik yang solutif kepada rekan kerja,” pungkasnya. (iy/oy)